Kemenpora: Industri Olahraga Berpotensi Majukan Perekonomian Indonesia

Rabu, 09 November 2022 - 10:09 WIB
loading...
Kemenpora: Industri Olahraga Berpotensi Majukan Perekonomian Indonesia
Industri olahraga nasional terus didorong untuk bisa memajukan perekonomian dan peningkatan prestasi para atlet Indonesia karena memiliki potensi besar. Foto SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Industri olahraga nasional terus didorong untuk bisa memajukan perekonomian dan peningkatan prestasi para atlet Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Raden Isnanta pada pembukaan rapat koordinasi (Rakor) Sistem Informasi Inddustri Olahraga Nasional (SIION), di Hotel Gammara Makassar, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya potensi industri olahraga sangat besar. Olahraga di dunia itu menjadi rebutan sponsor paling kuat termasuk hak siar di televisi. "Di Indonesia posisinya. kita masih kalah bersaing. Padahal penikmatnya banyak. Kalau jumlah penduduknya sangat banyak," kata dia via zoom. Baca juga: 3 Dampak Buruk Kurang Olahraga Bagi Kesehatan Tulang, Nomor Terakhir Wajib Diketahui



Dirinya menjelaskan, pemerintah terus mem-branding daerah sebagai wilayah olahraga. Seperti sebelumnya di Sumatera Selatan di-branding menjadi provinsi olahraga, kemudian di Papua juga dilaksanakan event olahraga di sana.

"Kalau event olahraga dilakukan tentu akan memajukan perekonomian, hotel akan penuh, sovenir dibuat oleh masyarakat dan banyak lagi yang bisa hidup di olahraga. Makanya sangat potensi sekali industri olahraga ini," katanya lagi.

Untuk itu dirinya mengaku event olahraga harus selalu didorong meski kejuaraan kecil di tiap daerah di Indonesia. Pihaknya mencatat perputaran uang dalam olahraga ini mencapai Rp43 triliun.

"Paling banyak itu rata-rata masih membelanjakan untuk perjalanan, dan barang. Khusus barang kita harus dorong brand lokal," katanya.

Sementara Panitia Pelaksana Rakor SIION Andi Susanto mengatakan, pada kegiatan ini ada 30 peserta dari berbagai latar belakang dalam bidang olahraga.

"Ini untuk mempersiapkan data base, mendukung industri olahraga nasional, sehingga informasi bisa diakses dan menentukan arah kebijakan terkait olahraga," katanya. Baca juga: NBA Sebut Industri Olahraga Indonesia Sangat Menjanjikan

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Arwin Azis mengatakan, pihaknya berterima kasih karena pelaksanaan rakor penyusunan dan pengembangan SIION ini digelar di Makassar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2801 seconds (11.97#12.26)