4 Penyebab Mimpi Buruk saat Tidur, Jangan Disepelekan

Selasa, 08 November 2022 - 15:03 WIB
loading...
4 Penyebab Mimpi Buruk saat Tidur, Jangan Disepelekan
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pernahkan mimpi buruk yang menakutkan saat tidur? Mimpi buruk itu bisa terjadi baik pada orang dewasa ataupun anak-anak.

Untuk anak-anak usia 3 sampai 6 tahun, mungkin sering mengalami mimpi buruk, dan cenderung berkurang pada saat mereka mencapai usia 10 tahun. Namun, sejumlah orang dewasa bahkan sering mengalami mimpi buruk sepanjang hidup mereka.

Secara medis, Dokter menyebut kondisi mimpi buruk sebagai parasomnia, sejenis gangguan tidur yang terdiri dari pengalaman tidak menyenangkan yang terjadi saat kamu tidur atau bangun.

Baca juga: 2 Pemeran Video Kebaya Merah Ditetapkan sebagai Tersangka

Mengenai soal mimpi buruk saat tidur, rupanya ada beberapa penyebabnya. Seperti yang dikutip dari ndtv, berikut ini 4 penyebab seseorang sering mengalami mimpi buruk saat tidur.
1. Trauma
Setelah kecelakaan, cedera, pelecehan seksual dan fisik atau insiden traumatis lainnya, mimpi buruk sering terjadi. Khususnya bagi orang yang menderita gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Trauma sendiri bisa dipicu oleh stres pada fisik dan mental.

2. Gangguan Suasana Hati
Kekhawatiran mungkin terjadi pada kehidupan sehari-hari, seperti konflik di tempat kerja, sekolah atau rumah. Hal itu bisa memicu terjadinya mimpi buruk. Selanjutnya, hal yang sama juga bisa terjadi saat ada perubahan yang signifikan, seperti kehilangan orang yang dicintai.

Mimpi buruk bisa terjadi saat kecemasan dan keputusasaan hadir. Pada orang dewasa, biasanya dipengaruhi oleh berbagai pemicu psikologis.

3. Kurang Tidur
Mimpi buruk pada orang dewasa kerap menyebabkan orang kehilangan lebih banyak waktu tidur. Belum ditetapkan apakah siklus tersebut bisa menyebabkan masalah mimpi buruk, tapi bisa dibayangkan.

Perubahan rutinitas dalam hidupnya yang menggangu atau mempersingkat tidur, akan menghasilkan jam tidur dan bangun yang tidak teratur. Hal itu kerap disepelekan, padahal bisa meningkatkan risiko mimpi buruk. Namun, risiko mimpi buruk lebih tinggi pada individu yang mengalami insomnia.

4. Gangguan Tidur
Gangguan tidur tertentu bisa mengakibatkan mimpi buruk pada orang dewasa. Hal tersebut termasuk sindrom kaki gelisah dan sleep apnea. Mimpi buruk kronis bisa mengindikasikan gangguan tidur tertentu, apabila tidak ada alasan lain yang ditemukan. Kemungkinan seseorang mengalami gangguan mimpi buruk bisa meningkat, apabila mereka memiliki kerabat yang mengalaminya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2424 seconds (11.252#12.26)