3 Raja Nusantara yang Memiliki Umur Panjang, dari Kerajaan Majapahit hingga Demak

Selasa, 08 November 2022 - 11:58 WIB
loading...
3 Raja Nusantara yang Memiliki Umur Panjang, dari Kerajaan Majapahit hingga Demak
Raden Patah pendiri Kerajaan Demak cukup lama memerintah dan memiliki umur panjang. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah raja nusantara memiliki umur panjang. Dalam sejarahnya, berbagai kerajaan yang pernah muncul dan berkuasan memiliki periode kekuasaan yang cukup lama.

Tak hanya lama berkuasa, sebagian dari raja nusantara juga memiliki usia hidup yang lama pula.



Berikut tiga raja nusantara yang memiliki umur panjang dalam kehidupannya.

1. Hayam Wuruk

Hayam Wuruk merupakan salah satu raja yang pernah memimpin Kerajaan Majapahit. Putra dari Tribhuwana Tunggadewi ini lahir pada 1334 dan menjadi pemimpin Majapahit saat berusia 16 tahun.

Bersama Hayam Wuruk, Majapahit mencapai zaman keemasannya. Keberhasilannya ini juga tak lepas dari sosok Maha Patih Gajah Mada yang ikut membantunya dalam memimpin Majapahit.

Setelah cukup lama memerintah, Hayam Wuruk meninggal pada 1389 dalam usia 55 tahun.



2. Raden Patah

Raja Nusantara yang berumur panjang berikutnya adalah Raden Patah. Dia dikenal sebagai pendiri sekaligus Raja Kerajaan Demak pertama.


Raden Patah memerintah Demak pada periode 1500 hingga 1518. Putra dari pasangan Prabu Brawijaya V dan Siu Ban Ci ini lahir pada tahun 1455 M.

Dalam kepemimpinannya, Raden Patah berhasil menaklukan Kerajaan Majapahit dan mengambil alih benda pusaka peninggalannya ke Demak. Di akhir hayatnya, Raden Patah meninggal pada 1518 M dalam usia 63 tahun.

3. Sultan Trenggono

Sultan Trenggono lahir pada tahun 1483. Dia merupakan adik Pati Unus, menantu Raden Fatah yang menjadi Raja Demak ke-2.

Dari silsilah keturunannya, Sultan Trenggono merupakan putra dari Syekh Khaliqul Idris. Dia adalah ulama Parsi yang datang dan menetap di Jawa, sedangkan Ibunya juga berstatus putri dari ulama asal Gujarat.

Dalam riwayatnya, Sultan Trenggono memerintah Demak pada periode 1521 hingga 1546. Di era pemerintahannya ini, Demak mencapai kejayaan dengan hampir seluruh Pulau Jawa menjadi daerah kekuasaannya.

Sayangnya, dia harus gugur saat berusia 63 tahun atau pada 1546 saat pertempuran melawan Portugis dalam upaya menaklukan Pasuruan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2571 seconds (0.1#10.140)