Bus Semarjawi Belum Beroperasi Optimal

Selasa, 09 Desember 2014 - 10:54 WIB
Bus Semarjawi Belum Beroperasi Optimal
Bus Semarjawi Belum Beroperasi Optimal
A A A
SEMARANG - Setelah diluncurkan pada 28 Oktober lalu, Bus Semarang Jalan-Jalan Wisata atau yang dikenal dengan sebutan Bus Semarjawi ternyata belum berfungsi secara optimal.

Hampir dua bulan bus tersebut belum dapat melayani wisatawan berkeliling ke berbagai destinasi wisata di Kota Semarang. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Masdiana Safitri mengatakan pengelolaan Bus Semarjawi saat ini diserahkan ke Non Government Organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Jateng.

Pihaknya mengaku belum mengetahui secara pasti pengoperasiannya. “Itu (bus) kan saat ini dikelola oleh NGO, silakan kontak NGO-nya langsung saja,” katanya saat dikonfirmasi kemarin. Disinggung mengenai belum berfungsinya Bus Semarjawi, Masdiana membenarkan kelengkapan bus belum lengkap.

Beberapa persyaratan dan surat menyurat dikatakan belum terpenuhi. “Itu sudah diresmikan, tapi kan kelengkapannya belum semuanya ada seperti surat-suratnya dan lain sebagainya,” ucapnya.

Masdiana tetap berharap Bus Semarjawi akan mampu mendongkrak pariwisata di Kota Semarang. Dia juga masih menginginkan ada pihak lain yang mau menambah jumlah bus tingkat dua tersebut. “Kalau bisa tidak hanya satu bus, tapi banyak. Jadi, kesempatan masyarakat mengunjungi tempattempat wisata di Kota Semarang akan semakin terbuka lebar,” tandasnya.

Pegiat wisata Kota Semarang Benk Mintosih me-nyayangkan pengelolaan Bus Semarjawi oleh pihak NGO itu karena tidak sesuai dengan semangat Pemkot Semarang memajukan wisata. “Harusnya, yang mengelola adalah Dinas Pariwisata atau Dinas Perhubungan. Kalau dikelola oleh pihak luar, itu saya rasa tidak tepat dan tidak akan optimal,” katanya.

Benk menilai kemungkinan terjadi miskomunikasi. Meski demikian, dia berharap pengelolaan Bus Semarjawi dilakukan oleh dua instansi tersebut. “Supaya lebih optimal saja, kalau pihak luar yang mengelola itu tidak benar menurut saya,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pemkot Semarang mendapatkan hibah dari PT Telkomsel berupa bus tingkat dua dengan atap terbuka pada Oktober lalu. Bus bernopol H 467 A tersebut kemudian diberi nama Bus Semarjawi, kepanjangan dari Semarang Jalan- Jalan Wisata.

Sesuai dengan namanya, bus tersebut seyogianya difungsikan untuk mengangkut para wisatawan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Kota Semarang secara gratis, yakni Kota Lama, Lawang Sewu, Pandanaran, Simpanglima, Kelenteng Sam Poo Kong, dan beberapa lokasi wisata lainnya.

Andika Prabowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4902 seconds (0.1#10.140)