Ingat! 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Kopi

Sabtu, 05 November 2022 - 06:01 WIB
loading...
Ingat! 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Kopi
Ada lima jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi.Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis makanan tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Makanan ini pantang disantap bareng kopi karena dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap mineral dan zat besi.

Para pecinta kopi tentu tak akan pernah melewatkan secangkir kopinya, baik sebelum memulai hari maupun sebagai teman bekerja hingga larut malam. Bahkan minum kopi telah menjadi tradisi tersendiri.

Namun, tahukah Anda jika ada beberapa makanan yang lebih baik tidak dikonsumsi bersamaan dengan minum kopi? Dilansir dari laman Gulf News pada Rabu (2/11/2022), memang minum teh atau kopi setelah makan dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap mineral dan zat besi.

Baca juga: Pakar Kesehatan: Gagal Ginjal Akut Harus Ditetapkan dalam Status KLB

Faktanya, minum kopi dengan makanan dapat mengurangi penyerapan zat besi hingga 80 persen sekaligus mengurangi penyerapan mineral seperti zink, magnesium, dan kalsium.

Jika Anda menikmati minuman panas setelah makan, mungkin cobalah menunggu setidaknya satu jam setelah makan sebelum Anda melakukannya.

Lalu, makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi? Berikut informasinya.
1. Kacang-Kacangan
Kafein mengandung zat yang disebut tanin. Untuk memastikan Anda memperoleh zat besi yang cukup, jangan mengonsumsi kacang-kacangan sebelum minum kopi.

2. Jamur
Kafein memiliki dampak negatif pada kadar vitamin D. Salah satu makanan dengan sumber vitamin D yang baik adalah jamur. Jadi, jika Anda ingin menjaga vitamin tersebut, disarankan untuk tak minum kopi setelahnya. Baca Juga: Dari Kurangi Risiko Stroke hingga Lawan Depresi, Ini Sejumlah Manfaat Minum Kopi

3. Susu dan Produk Olahannya
Susu, keju, dan beberapa produk olahannya diketahui memiliki protein yang tinggi kalsium. Kopi dan teh sendiri dapat memengaruhi penyerapan kalsium. Selain itu kafein juga bisa membuat tubuh mengeluarkan kalsium lebih banyak melalui urine.

4. Salmon
Salmon dan makanan laut lain tidak disarankan untuk dimakan sebelum segelas kopi. Kandungan tanat pada kopi membentuk ikatan dengan beberapa mineral di dalam makanan. Ikatan ini sulit untuk dipecah oleh tubuh. Minum kopi dapat mengeluarkan zinc yang seharusnya diserap oleh tubuh.

5. Makanan Berlemak Tinggi
Sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa tidak hanya kadar gula darah orang yang sehat melonjak setelah makan makanan berlemak tinggi, tetapi lonjakan itu berlipat ganda setelah makan makanan berlemak dan kopi berkafein.

Kondisinya bisa melonjak ke tingkat yang serupa dengan orang-orang yang berisiko diabetes. Pada akhirnya, lemak jenuh dan lemak yang dikombinasikan dengan kopi berkafein menghambat kemampuan tubuh untuk membersihkan gula dari darah. Memiliki kadar gula darah yang tinggi tentu dapat merusak organ tubuh kita
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)