7 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh agar Terhindar Penyakit saat Musim Hujan

Sabtu, 05 November 2022 - 07:26 WIB
loading...
7 Tips Jaga Daya Tahan Tubuh agar Terhindar Penyakit saat Musim Hujan
Musim hujan telah datang. Ada baiknya Anda mengantisipasi serta mencegah agar tidak terkena penyakit saat musim hujan
A A A
JAKARTA - Musim hujan telah datang. Ada baiknya Anda mengantisipasi serta mencegah agar tidak terkena penyakit saat musim hujan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga, sehingga menurunkan risiko terpapar penyakit saat musim hujan. Salah satu yang perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit adalah menjaga daya tahan tubuh. Lantas bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh?

Berikut beberapa tips menjaga daya tahan tubuh sebagaimana disampaikan dokter umum Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Kristanti Diliasari di Jakarta, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Pakar Kesehatan: Gagal Ginjal Akut Harus Ditetapkan dalam Status KLB

1. Menjaga Pola Makan

Asupan gizi yang seimbang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Memastikan asupan gizi harian dapat dilakukan dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan tepat. Pastikan Anda mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, serta minum air putih yang cukup.

"Rutinlah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B, vitamin C, seng, dan vitamin D. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi gula, garam, dan minyak yang berlebih," ujar dr. Kristanti.

Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi probiotik seperti yogurt, tahu, tempe, atau fermentasi sayuran seperti acar untuk membantu menjaga kesehatan usus agar sistem pencernaan tetap lancar.

2. Rutin Berolahraga
Berbagai studi membuktikan bahwa berolahraga dapat memperbaiki mood. Selain itu, olahraga juga berperan dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. "Luangkanlah waktu untuk berolahraga secara rutin agar tubuh tetap hangat, sirkulasi darah lancar, dan massa otot tetap terjaga," kata dia.

3. Menjaga Kualitas Tidur
Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Rekomendasi waktu tidur per hari sesuai usia adalah sebagai berikut: - Anak usia 3-5 tahun: 10-13 jam - Anak usia 6-13 tahun: 9-11 jam - Anak usia 14-17 tahun: 8-10 jam - Dewasa usia 18-64 tahun: 7-9 jam - Usia lansia lebih dari 65 tahun: 7-8 jam
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3589 seconds (11.97#12.26)