3 Perawat RSUD Bung Karno Solo Diusir dari Kos, Dijemput Ambulans

Senin, 27 April 2020 - 20:28 WIB
loading...
3 Perawat RSUD Bung Karno Solo Diusir dari Kos, Dijemput Ambulans
Ambulans RSUD Bung Karno Solo menjemput tiga perawat yang diusir dari kos. FOTO/CAPTURE/INSTAGRAM/@RSUDBUNGKARNO
A A A
SOLO - Tiga perawat RSUD Bung Karno di Kota Solo mendapatkan perilaku tak mengenakkan di tengah wabah pandemi virus corona (COVID-19). Mereka diusir dari tempat indekosnya di wilayah Kecamatan Grogol, Sukoharjo.

Video penjemputan ketiga perawat dari tempat kosnya dengan menggunakan mobil ambulans diunggah di akun Instagram RSUD Bung Karno Solo. Dalam video berdurasi sekitar 2 menit itu, tampak ambulan mulai datang, ketiga perawat membawa barang barangnya dari kos ke mobil ambulans, hingga meninggalkan lokasi.

"Kami tidak tahu alasan mereka sampai diminta pergi," kata Direktur RSUD Bung Karno Solo, Wahyu Indianto, Senin (27/4/2020).

Kejadian itu berlangsung Jumat (24/4/2020) lalu dan pihak RSUD Bung Karno langsung menjemput mereka beserta barang bawaannya. Untuk sementara, ketiga perawat itu tinggal di lantai lima rumah sakit yang belum digunakan. Mereka bisa membantu jika sewaktu-waktu dibutuhkan rumah sakit.

Wahyu sangat menyayangkan adanya sikap orang yang memberikan stigma negatif kepada tenaga kesehatan. Padahal mereka menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai standar saat menjalankan tugas, sehingga ketakutan itu dinilai tidak mendasar.

Para tenaga kesehatan juga memiliki pengalaman guna mencegah penularan penyakit. Warga diminta tidak menambah beban para tenaga kesehatan dengan menjauh, menolak, dan bahkan diskriminasi. Mereka membutuhkan dukungan di tengah perjuangan menangani COVID-19 dan bukan stigma negatif.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani mengemukakan, pihaknya siap mengalihfungsikan Dalem Priyosuhartan menjadi tempat tinggal tenaga kesehatan yang mendapat penolakan dari lingkungannya. Tempat itu semula direncanakan untuk menampung orang dalam pemantauan (ODP) kontak erat.
Dalem Priyosuhartan memiliki kapasitas untuk menampung 70 orang. Pihaknya selama ini juga telah menerima banyak masukan untuk menyediakan tempat tinggal bagi tenaga kesehatan.

View this post on Instagram

#stopstigmanegativ #lawancovid19 #covid @dinkessurakarta @dpwppnijateng @humaspemkotsurakarta @fx.rudyatmo @ganjar_pranowo @provjateng @dinkesjateng_prov @tribunjateng @diskonsolo @agendasolo @visitsurakarta @soloinfo

A post shared by RSUD BUNG KARNO KOTA SURAKARTA (@rsudbungkarno) on

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)