Wamentan Meresmikan Food Estate Korem 012 Teuku Umar

Selasa, 01 November 2022 - 15:14 WIB
loading...
Wamentan Meresmikan Food Estate Korem 012 Teuku Umar
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi, Senin (31-10-2022), menghadiri acara kunjungan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia dalam rangka peninjauan sekaligus meresmikan food estate Korem 012/Teuku Umar di Kabupaten Aceh Barat.
A A A
MEULABOH - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Mahdi, Senin (31-10-2022), menghadiri acara kunjungan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia dalam rangka peninjauan sekaligus meresmikan food estate Korem 012/Teuku Umar di Kabupaten Aceh Barat.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Barat bersama Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Mohamad Hasan, Danrem 012/TU, Kolonel Inf Riyanto S.I.P, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, serta unsur Forkopimda dan Kepala daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Aceh, meninjau langsung lokasi pengembangan food estate yang berada di lingkungan Markas korem 012/TU.

Food estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan dengan skala luas (besar) melalui konsep pertanian sebagai sistem industrial yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), modal, serta organisasi dan manajemen modern.

Dalam sambutannya, Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi, menyampaikan apresiasi kepada Provinsi Aceh khususnya Kodam Iskandar Muda dan Korem 012/TU yang telah menggagas pengembangan food estate sebagai upaya mencapai ketahanan pangan demi terwujudnya kedaulatan pangan di Indonesia sesuai dengan arahan yang di berikan oleh Presiden RI ujarnya.

"Ini merupakan satu-satunya food estate di Indonesia yang dikembangkan di luar Kementerian Pertanian. Untuk itu, saya mengapresiasi semua pihak khususnya Kodam Iskandar Muda dan Korem 012/TU yang telah mengembangkan food estate ini" ucap Wamentan RI tersebut.

Menurut Harvick, dari hasil peninjauan, food estate yang di kembangkan oleh Korem 012/TU ini telah memenuhi kriteria yang di syarat kan dan telah terintegrasi dengan adanya berbagai klaster seperti peternakan, pertanian, tanaman horti, perkebunan serta tanaman pangan, sehingga dengan melengkapi beberapa persyaratan pendukung lainnya, legalitas sebagai food estate bisa segera dilaksanakan ujarnya.

Ia mengatakan kedaulatan pangan merupakan prioritas utama Pemerintah saat ini, di tengah ancaman resesi ekonomi yang melanda seluruh Negara di dunia. Namun, dengan adanya food estate diharapkan sektor pangan dan Pertanian bisa tetap tumbuh untuk menopang perekonomian masyarakat meskipun badai ekonomi dunia melanda harapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Barat, Mahdi, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat siap mendukung berbagai program Pemerintah Pusat dalam menciptakan ketahanan pangan demi terwujudnya kedaulatan pangan di Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, dalam menghadapi ancaman resesi ekonomi, sektor pertanian dan pangan merupakan sektor utama dalam menopang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat ujarnya.

Untuk itu, dengan hadirnya food estate yang di kembangkan oleh Kodam Iskandar Muda dan Korem 012/TU ini diharapkan hasil pertanian dan pangan di Kabupaten Aceh Barat bisa terus meningkat dan menciptakan petani-petani baru yang handal pungkasnya.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)