Permudah Dapat Kerja, Kemenaker Luncurkan Aplikasi SiapKerja

Senin, 31 Oktober 2022 - 16:21 WIB
loading...
Permudah Dapat Kerja, Kemenaker Luncurkan Aplikasi SiapKerja
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan platform digital resmi bernama SiapKerja. Desuai dengan namanya, aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat mencari pekerjaan. Foto SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker ) meluncurkan platform digital resmi bernama SiapKerja. Desuai dengan namanya, aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat mencari pekerjaan.

Menaker Ida Fauziah menyampaikan bahwa aplikasi SiapKerja berbeda dengan aplikasi penyedia lowongan kerja lain. Aplikasi SiapKerja, lanjutnya, bukan hanya berisi iklan lowongan kerja, namun juga terdapat beberapa pelatihan yang bisa dipilih oleh masyarakat.

Bagi mereka yang selesai pelatihan akan ditandai dengan penerbitan sertifikat kerja. Dengan begitu diharapkan menjadi penunjang kemudahan masyarakat mendapatkan kerja.

"Di SiapKerja ini teman-teman apakah membutuhkan kesempatan untuk melakukan pelatihan, atau mereka sudah melakukan pelatihan tapi membutuhkan peningkatan kompetensi, atau membutuhkan job opportunity, lowongan pekerjaan, di SiapKerja semuanya itu tersedia," ujar Menaker Ida Fauziah dalam pernyataan tertulisnya, Senin (31/10/2022).

Menurut dia melalui ekosistem digital SiapKerja ini bisa memberikan pelayanan ketenagakerjaan yang terintegrasi dan dapat digunakan dengan mudah, baik oleh masyarakat dalam mencari kerja, hingga perushaan pencari kerja."SiapKerja juga dapat mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja secara cepat," kata Menaker.

Dia menambahkan pelayanan SiapKkerja diberikan tidak hanya secara digital atau online, tetapi juga secara offline. Pelayanan secara offline diberikan terutama bagi masyarakat yang belum memiliki akses digital.

Dalam memberikan pelayanan secara offline, pos SiapKerja dibangunkan Anjungan SiapKerja di kawasan-kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus, Kios SiaoKerja di balai-balai pelatihan dan dinas-dinas ketenagakerjaan di daerah, dan Balai SiapKerja di desa-desa.

Semua pelayanan itu terhubung secara digital dalam ekosistem SiapKerja. "Jadi kami perkenalkan SiapKerja kepada masyarakat bahwa ekosistem telah kita bangun dan masyarakat bisa memanfaatkan sebaik mungkin," tutup.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)