5 Pemeriksaan Penting Suami Istri sebelum Berhubungan Seks

Rabu, 26 Oktober 2022 - 08:50 WIB
loading...
5 Pemeriksaan Penting Suami Istri sebelum Berhubungan Seks
Pasangan suami istri hendaknya melakukan lima pemeriksaan sebelum berhubungan seks.Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA - Seks menjadi kebutuhan biologis pasangan yang sudah menikah. Sebelum melakukannya, suami istri yang hendak menikah dianjurkan melakukan pemeriksaan demi kesehatan keduanya.

Seperti yang diketahui, infeksi atau penyakit menular seksual menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup berbahaya. Namun, terkadang penderita masalah kesehatan ini justru tidak menampilkan gejala apapun sebelum akhirnya terasa saat sudah parah.

Dilansir dari laman Health Shots, berikut lima pemeriksaan yang perlu dilakukan sebelum berhubungan seks bagi pasangan suami istri.

Baca juga: 5 Sayuran yang Baik untuk Ginjal, Wajib Tahu dan Dicoba di Rumah

1. Gonorrhea
Bagi pasangan suami istri disarankan melakukan skrining Gonorrhea setidaknya sekali dalam setahun. Pasangan seks yang pernah mengalami infeksi menular seksual bisa meningkatkan risiko tertular Gonorrhea yang berlipat. Bagi pasangan yang suka melakukan seks oral/anal, mereka juga harus waspada karena Gonorrhea juga bisa mengakibatkan infeksi pada aktivitas tersebut.

2. HIV
HIV merupakan salah satu penyakit berbahaya yang wajib diwaspadai. CDC merekomendasikan bagi seseorang yang berusia 13 hingga 64 tahun untuk melakukan tes HIV setidaknya sekali.

Menurutnya, sekitar 25 persen kasus HIV ditularkan oleh mereka yang bahkan tidak mengetahui dirinya telah terinfeksi sebelumnya. Maka dari itu, bagi pasangan suami istri terlebih yang baru akan menikah, setidaknya bisa mencoba pemeriksaan HIV demi keamanan dan kenyamanan hidup sehat kedepannya.

3. Syphilis
Sifilis merupakan sebuah infeksi bakteri yang biasanya bermula sebagai luka tanpa rasa sakit. Kabar buruknya, apabila tidak terdeteksi dan segera mendapat penanganan, penyakit ini bisa semakin berbahaya. Maka dari itu, dari sudut pandangan keamanan akan lebih baik jika Anda dan pasangan melakukan tes sifilis guna menghindari kemungkinan terburuknya.

4. Chlamydia
The American Centers for Disease Control and Prevention (CDC) turut merekomendasikan bagi pasangan untuk melakukan tes klamidia setidaknya sekali dalam satu tahun.

Tes ini direkomendasikan untuk segera dilakukan bagi pasangan yang hendak menikah. Terlebih apabila pasangan Anda diketahui telah aktif berhubungan intim sebelumnya. Tes ini relatif bebas dari rasa sakit, hanya membutuhkan sampel urin saja untuk melakukannya.

5. Genital Herpes

Herpes merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang menunjukan gejala seperti nyeri genital, luka, hingga gatal. Namun, sebagian orang terpapar masalah ini justru tidak menunjukan tanda-tanda infeksi. Maka dari itu, untuk memastikannya tes herpes genital ini cukup dianjurkan. Bukan tanpa alasan, tapi semua ini demi keamanan dan kesehatan pasangan kedepannya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2650 seconds (11.97#12.26)