TGB Zainul Majdi Optimistis Indonesia Akan Jadi Negara Maju dan Bermartabat

Senin, 24 Oktober 2022 - 17:06 WIB
loading...
TGB Zainul Majdi Optimistis Indonesia Akan Jadi Negara Maju dan Bermartabat
TGB HM Zainul Majdi menjadi pembicara dalam acara Seminar Nasional yang digelar CSSMoRA di Ponpes Tebuireng, Jombang, Jatim. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
JOMBANG - Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi optimistis Indonesia akan menjadi negara maju dan bermartabat. Dalam mencapai kemajuan tersebut, tidak hanya diperlukan manusia-manusia yang memiliki kepintaran, tapi juga kebenaran.

"Ini (pintar dan benar) dibutuhkan Indonesia untuk maju agar jadi negara maju dan bermartabat. Kepintaran tanpa diiimbangi kebenaran, maka tidak ada kontribusi bagi negara dan justru akan menghancurkan. Jika negara dipimpin oleh orang pintar tapi tidak benar akan membuat negara hancur," katanya saat menjadi pembicara dalam acara Seminar Nasional, Istighosah dan Do'a Bersama yang digelar oleh Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs ( CSSMoRA) di Ponpes Tebuireng, Jombang, Jatim, Senin (24/10/2022).


Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo ini menambahkan, di masa revolusi industri 4.0 seperti sekarang, yang dibutuhkan adalah bangunan karakter.

Hal ini berlaku bagi semuanya. Baik itu politisi, pebisnis hingga pegiat pendidikan. Nah, di pondok pesantren (ponpes) sejak awal sudah ada pendidikan karakter bagi para santri.



"Soal soal kejujuran dan sifat yang amanah. Interaksi yang paling jujur akan menjadi dominan dalam kehidupan. Karakter yang diajarkan pada kita di ponpes itu akan dicari, termasuk untuk Indoneia Emas 2045 ke depan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Ma'had Aly Indonesia, KH Nurhannan menambahkan, ada tiga hal yang membuat bangsa ini bisa maju dan berkembang.


Tiga hal itu adalah, kedalaman spiritual, keluhuran moral dan keluasan intelektual.

"Jika ketiganya ini betul-betul ditanamkan, Indonesia akan menjadi negara yang maju. Dan pesantren diajarkan sisi sprirutal, sisi intelektual dan sisi moral," terangnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4305 seconds (0.1#10.140)