Tidur Berkualitas Anak Bermanfaat Cegah Stres hingga Gangguan Ginjal

Senin, 24 Oktober 2022 - 11:00 WIB
loading...
Tidur Berkualitas Anak Bermanfaat Cegah Stres hingga Gangguan Ginjal
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tidur berkualitas memberikan banyak manfaat kesehatan. Termasuk untuk anak-anak, mulai dari mencegah si kecil stres hingga gangguan ginjal.

Karena itu, penting bagi orang tua memastikan anak mereka memiliki tidur yang berkualitas. Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa dr Jiemi Ardian, Sp.KJ mengatakan bahwa kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan stres, depresi dan menurunya produktivitas. Kondisi ini bisa mengganggu kesehatan mental anak.

"Jadi, kalau ditanya bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Jawabannya selalu back to basic, yaitu tidur dengan kualitas baik, selain juga makan makanan bergizi seimbang dan olahraga," kata dr Jiemi dalam keterangan resminya, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Tips Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil, Alami dan Ampuh

Selain baik untuk menjaga kesehatan mental, tidur yang berkualitas juga dikaitkan dengan kesehatan tekanan darah. Ini terbukti dalam studi yang dilakukan Candra Wahyu Nursiati dari Program Studi Keperawatan STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.

Peneliti menguji kaitan antara kualitas tidur dengan tekanan darah siswa kelas X-XI di SMA Negeri 1 Kwadungan Kabupaten Ngawi. Studi dikerjakan pada 2018. Hasil studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara kualitas tidur dengan tekanan darah pada subjek penelitian.

"Dari penelitian ini, diharapkan siswa (anak) bisa memiliki kualitas tidur yang baik untuk mengurangi risiko peningkatan tekanan darah," terang peneliti tersebut.

Selain tidur yang tidak berkualitas, tekanan darah juga dipengaruhi oleh stres. Peneliti tersebut menemukan bahwa kegelisahan, ketakutan, nyeri, dan stres emosional dapat mengakibatkan stimulasi simpatis yang meningkatkan frekuensi denyut jantung, curah jantung, dan resistensi vaskular.

Efek simpatis ini meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah yang tidak stabil bisa memengaruhi kualitas ginjal. Hal ini disampaikan dr Mutalib Abdullah, SpPD, KGH, FINASIM, bahwa kontrol tekanan darah yang baik, dengan target berbeda sesuai usia dan penyakit penyerta, dapat mengurangi risiko terkena stroke, serangan jantung, hingga kerusakan ginjal.

"Fungsi ginjal itu semacam penyaring darah dari toksin dan zat-zat yang tak diperlukan tubuh, sehingga darah yang melalui ginjal sangatlah banyak. Nah, bila tekanan di pembuluh darah tinggi, maka sel ginjal tidak akan mendapatkan cukup oksigen untuk bekerja dengan baik," ujar dr Mutalib.

"Sebaliknya, ginjal yang sehat juga berfungsi mengatur tekanan darah. Nah, pada pasien gangguan ginjal, tekanan darah pasien yang tinggi akan semakin menurunkan fungsi ginjal, sampai akhirnya ginjal tidak berfungsi lagi," tandasnya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2007 seconds (11.252#12.26)