Verifikasi Faktual, KPU: Perindo Sumbar Dinyatakan Lengkap dan Memenuhi Syarat

Senin, 17 Oktober 2022 - 14:36 WIB
loading...
Verifikasi Faktual, KPU: Perindo Sumbar Dinyatakan Lengkap dan Memenuhi Syarat
Perindo Sumbar lolos verifikasi faktual dan bisa menjadi parpol peserta pemilu 2024.
A A A
PADANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat melakukan verifikasi faktual ke kantor DPW Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ). Hasilnya Perindo Sumsel dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan.

Hal ini dikatakan komisioner KPU Sumbar, Izwaryani usai melakukan verifikasi faktual di Rumah Perindo Sumbar di Jalan Batang Agam, kompleks GOR Agus Salim Padang.

“Hasil verifikasi Perindo yang baru kita laksanakan bahwa semua dokumen itu sudah memenuhi syarat yang kita minta, tidak kita temukan yang perlu diperbaiki, itu hasil verifikasi faktual dokumen untuk DPW Perindo,” katanya, Senin (17/10/2022).

Baca juga: Perindo Sumsel Lolos Verifikasi Faktual, Penuhi Syarat Jadi Peserta Pemilu 2024

Verifikasi faktual tersebut memeriksa kepengurusan partai, kebenaran ada namanya sesuai dengan orangnya. “Kita minta pengurus hadir di kantor partai, kemudian keterwakilan perempuan, domisili kantor tetap selama tahapan itu berlangsung,” ujarnya.

Untuk di level DPW, kata Izwaryani, verifikasi faktual hanya dilakukan selama dua hari (Minggu dan Senin). Namun untuk level kabupaten dan kota itu akan dilanjutkan verifikasi keanggotaan. “Untuk seluruh Indonesia hanya sembilan partai yang dilakukan verifikasi faktual lantaran tidak ada di parlemen sementara yang ada di kursi parlemen tidak dilakukan,” terangnya.

Ketua DPW Partai Perindo Sumatera Barat, Ii Apriyatna, bersyukur karena verifikasi untuk level DPW sudah lengkap tiga unsur tersebut mulai dari kepengurusan, keterwakilan perempuan 30 persen dan domisili kantor DPW.

“Kita sudah melakukan persiapan sejak Januari dan tiga bulan lalu bentuk pematangan dan ini finalnya di DPW sendiri karena di DPW sendiri tidak ada verifikasi keanggotaan yang ada hanya di kabupaten kota kemudian selanjutnya nanti DPW lah yang mengamati dan sekaligus mengontrol seluruh kabupaten kota karena mereka tahapannya sampai dengan 4 November mendatang,” ujarnya.

Untuk memonitor kesiapan dari partai di tingkat kabupaten dan kota kata Ii, dua hari yang lalu telah melakukan roadshow ke daerah-daerah melihat kesiapan kawan-kawan. “Rata-rata mereka sudah siap dengan tiga unsur faktual domisili, keterlibatan perempuan, tinggal nanti akan amati verifikasi keanggotaannya,” katanya.

Kata Ii, dalam tahapan verifikasi Perindo Sumbar menargetkan 19 kabupaten dan kota harus lolos sebagai peserta peserta pemilu 2024. Verifikasi faktual tersebut dilakukan oleh KPU Sumatera Barat dan disaksikan oleh Bawaslu Sumbar.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)