6 Bahaya Makan Mie Instan Berlebihan, Anda Harus Tahu!

Minggu, 16 Oktober 2022 - 09:48 WIB
loading...
6 Bahaya Makan Mie Instan Berlebihan, Anda Harus Tahu!
Mie instan tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Mie instan merupakan makanan praktis yang sering dikonsumsi masyarakat. Selain karena rasanya yang enak dan bervariasi, harga mie instan juga sangat terjangkau. Itulah yang menyebabkan mie instan sangat merakyat, karena bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan.

Namun, mie instan tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan. Banyak kandungan berbahaya di dalam jenis mie ini. Untuk itu, bagi masyarakat yang masih sering mengonsumsi mie instan, harus waspada terhadap beberapa bahaya yang bisa terjadi apabila mengonsumsinya secara berlebihan.

Apa saja bahaya itu? Berikut enam bahaya makan mie instan secara berlebihan.



1. Gangguan Pencernaan

Mie instan mengandung beberapa bahan-bahan berbahaya, salah satunya Tertiary-butyl Hydroquinone (TBHQ). Zat tersebut merupakan pengawet berbahan dasar minyak, yang juga ada di dalam produk pestisida.

TBHQ merupakan zat yang sulit dicerna oleh tubuh, sehingga tubuh memerlukan waktu yang lama untuk mencerna. Hal itu menyebabkan sistem saluran pencernaan menjadi lebih berat. Setelah dua jam, perut bahkan belum mampu mengurai TBHQ.

2. Tekanan Darah Tinggi

Satu kemasan mie instan mengandung 860 mg natrium atau garam. Jumlah tersebut bukanlah jumlah yang sedikit. Jumlah tersebut belum ditambah dengan kandungan natrium dari makanan lain yang dikonsumsi pada hari yang sama.

Padahal, mengonsumsi natrium atau garam secara berlebih dapat menyebabkan risiko tekanan darah tinggi . Jika tidak diatasi, maka tekanan darah tinggi ini dapat memicu berbagai penyakit seperti serangan jantung, gangguan mata, demensia, dan sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)