Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Biak Numfor Tembus 98,3 Persen

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 19:17 WIB
loading...
Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Biak Numfor Tembus 98,3 Persen
Wakil Bupati Biak Numfor, Calvin Masnembra menerima kunjungan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati di Kantor Bupati Biak Numfor. Foto/iNews TV/Edy Siswanto
A A A
BIAK - Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat di Kabupaten Biak Numfor, Papua semakin meningkat. Hingga saat ini tercatat 98,36 persen warga sudah terlayani JKN.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Wakil Bupati Biak Numfor, Calvin Masnembra dengan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati di Kantor Bupati Biak Numfor.


Lily mengatakan, dukungan positif Pemda Biak Numfor patut dicontoh oleh berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Komitmen, keinginan dan dorongan dari Pemda Biak Numfor yang memberikan Jaminan Kesehatan Nasional kepada masyarakat terbukti dengan Universal Health Coverage yang telah dicapai sejak 25 April 2022. Ini sebagai bukti kuat bahwa dukungan yang diberikan itu sangat kuat,” ungkap Lily dikutip Sabtu (15/10/2022).

Dia menambahkan, salah satu kunci keberhasilan adalah dukungan Pemda Biak Numfor melalui BPKAD dan Bappeda dalam aspek dukungan anggaran dan ketepatan pembayaran Iuran JKN.

Sedangkan Dinas Sosial dan Dinas Dukcapil melakukan optimalisasi validasi data untuk pendaftaran peserta. Selain itu juga dukungan dari Dinas Kesehatan, RSUD Biak, Disnaker, DPMPTSP, serta DPMK.



Sementara itu, Calvin Masnembra menyatakan mendukung penuh Program JKN karena program ini dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Biak Numfor.

Calvin menegaskan, pihaknya terus mendorong dan melakukan berbagai upaya agar seluruh masyarakat Kabupaten Biak Numfor dapat terus terjamin dalam Program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“Dengan upaya yang sudah kami laksanakan, kami pun memiliki harapan agar program ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Biak Numfor. Melalui program ini juga, seluruh masyarakat Indonesia dapat bergotong royong untuk saling membantu," jelasnya.

Hingga 30 September 2022, cakupan peserta JKN di Biak Numfor mencapai 143.959 jiwa atau 98,36 persen dari keseluruhan penduduk.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)