Indonesia Jadi Penyelamat Singapura dari Krisis Ayam

Selasa, 11 Oktober 2022 - 23:15 WIB
loading...
Indonesia Jadi Penyelamat Singapura dari Krisis Ayam
Indonesia menjadi penyelamat Singapura untuk pasokan ayam. Foto/Ilustrasi/Antara
A A A
JAKARTA - Singapura mengalami krisis ayam potong untuk konsumsi warganya. Kondisi ini terjadi saat Malaysia mengeluarkan larangan ekspor ke negara tersebut. Namun, Indonesia datang menjadi penyelamat dengan memasok kebutuhan ayam di Singapura.

Baca juga: Produksi Ayam Potong Diproyeksi Surplus, KBI Sarankan Pengusaha Manfaatkan Resi Gudang

Aksi Indonesia menyelamatkan pasokan ayam Singapura ini, diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat gelaran Investor Daily Summit 2022, Jakarta, Selasa (11/10/2022).



Langkah pemerintah memberikan bantuan ayam kepada Singapura, kata Erick, menjadi bagian dari upaya Indonesia menjadi lumbung pangan atau komoditas dunia. "Bagaimana kita menjadi lumbung pangan dunia, lumbung pangan Indonesia. Singapura kekurangan ayam, Indonesia yang bantu, ketika Malaysia tidak mau memberikan reserved daripada kebutuhan ayam," ungkapnya.

Baca juga: Belajar dari Tragedi Kanjuruhan, Manajemen PSM Berharap Aturan Sepak Bola Dipatuhi

Malaysia memang melarang ekspor ayam ke Singapura, sejak Juni 2022. Langkah tersebut untuk menjaga pasokan makanan domestik. Hal itu, memicu panic buying di Singapura, di mana warga Singapura langsung menyerbu pasar dan swalayan untuk memborong ayam hidup dan daging ayam.

Pada Mei tahun ini, Perdana Menteri (PM) Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, mengumumkan negeri jiran melarang ekspor 3,6 juta ayam per bulan, sampai harga domestik dan produksi stabil.

Kebijakan itu berdampak bagi Singapura, yang sepertiga kebutuhan unggasnya dipasok oleh Malaysia. Hampir semua ayam Malaysia diekspor hidup-hidup ke Singapura, kemudian disembelih dan didinginkan.

Baca juga: Diperiksa di Polda Jatim Ketua Panpel Arema FC Minta Korban Tragedi Kanjuruhan Diautopsi, Ada Apa?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1547 seconds (10.55#12.26)