Situs Gunung Padang Membawa Berkah Penduduk Sekitar

Kamis, 09 Oktober 2014 - 14:33 WIB
Situs Gunung Padang Membawa Berkah Penduduk Sekitar
Situs Gunung Padang Membawa Berkah Penduduk Sekitar
A A A
BANDUNG - Kehadiran situs megalitikum Gunung Padang, di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, membawa berkah bagi penduduk sekitar. Penelitian Gunung Padang membawa dampak yang begitu besar, dari aspek perekonomian warga Campaka.

"Tanpa ada Gunung Padang, jalan kami tidak akan diaspal, tapi sekarang sudah diaspal," ujar Ecep, warga Campaka, saat mengikuti seminar bertajuk Gunung Padang dan Permasalahannya yang digelar Aula PSBJ, Unpad Jatinangor, Kamis (9/10/2014).

Selain itu, lanjut Ecep, hasil bumi yang dihasilkan dari warga sudah mulai meningkat. Akses warga untuk menjual hasil buminya menjadi lebih mudah.

"Biasanya kami menjual hasil bumi ini ke Sukabumi dengan dipikul berpuluh puluh km. Namun sekarang alhandulillah hasilnya. Ya, minimal produk gula aren beberapa kuintal terjual kepada pengunjung. Makanya Gunung Padang bagi kami itu harta karun," katanya

Menurut Ecep, dari waktu ke waktu jumlah pengunjung yang datang ke Gunung Padang selalu bertambah. "Bayangkan saja tiap bulan datang ribuan orang ke Gunung Padang," kata Ecep.

Namun demikian, sebagai warga Campaka, Ecep meminta tim peneliti maupan pengunjung untuk selalu menjaga kelestarian gunung padang. "Harus kita jaga kelestariannya bersama-bersama," tukasnya.

Seperti diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada Februari 2014 mengunjungi situs Gunung Padang, di Cianjur. Tujuh bulan setelahnya, giliran Mendikbud M Nuh yang mengunjungi Gunung Padang.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5412 seconds (0.1#10.140)