1 Pengungsi Muslim Rohingya Dioperasi di RS PMI Lhokseumawe

Minggu, 05 Juli 2020 - 16:05 WIB
1 Pengungsi Muslim Rohingya Dioperasi di RS PMI Lhokseumawe
Khatijah (35) seorang muslim Rohingya menjalani perawatan intensive di Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Lhokseumawe, Aceh. Foto iNews TV/ M Jafar
A A A
LHOKSEUMAWE - Khatijah (35) seorang muslim Rohingya menjalani perawatan intensive di Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (PMI) di Kota Lhokseumawe, Aceh . Pengungsi Rohingya ini menjalani tindakan operasi bagian dalam perut akibat infeksi penumpukan cairan.

Anggota Tim Medis Kesehatan RS PMI Lhokseumawe dr Fani menjelaskan, Khatijah pasien warga Rohingya mengalami sakit infeksi bagain saluran dalam perut dan terpaksa dilakukan tindakan operasi mencegah penyebaran yang lebih parah. Dia mengalami sakit sejak dalam pelayaran. (Baca: Video Penggerebekan Polisi Depan Polres Bikin Geger, Ternyata Salah Tangkap)

“Dia mengalami pembengkakan bagian dalam saluran perut dan mengalami infeksi hingga terjadi penumpukan cairan. Pasca mangalami operasi tim medis terpaksa memasang pipa selang sebagai saluran keluar cairan di bagian dalam perut yang masih tersisa. Sejumlah tim kesehatan mengawasi proses tahapan penyembuhan warga Rohingya ini,” kata dia, Minggu (5/7/2020).

Sementara Karim warga Rohingya pendamping pasien menjelaskan, Khatijah sudah sejak sebulan terakhir mengalami sakit bagian perut. “Khatijah bersama lima anaknya lari dari kamp Bangladesh dan kini tinggal di penampungan sementara Lhokseumawe,” kata Karim.



Sebelumnya Khatijah pengungsi Rohingya bersama lima anaknya berada di penampungan sementara bekas kantor Imigrasi Kota Lhokseumawe. Dia mengalami sakit bagian dalam perut sejak sebulan terakhir selama pelayaran dalam kapal hingga terdampar di Kuala Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

Selama dalam perawatan Khatijah didampingi seorang anak perempuannya dan Karim warga Rohingya sebagai penerjemah bahasa.
(sms)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2164 seconds (11.97#12.26)