Waspadalah! Potensi Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut hingga Sepekan ke Depan

Minggu, 09 Oktober 2022 - 06:54 WIB
loading...
Waspadalah! Potensi Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut hingga Sepekan ke Depan
BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang masih berlanjut hingga sepekan ke depan.
A A A
SURABAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) merekomendasikan pihak terkait memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Berdasarkan analisis terkini, dinamika atmosfer di wilayah Indonesia cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan. Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin.

Kondisi ini dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan. Kemudian aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin. Hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga: Mengharukan! Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Sedekahkan Santunan Rp100 Juta untuk Fakir Miskin

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati berharap, pihak terkait melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif. "Kami jgua berharap pihak terkait melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon," katanya dalam rilis BMKG, Sabtu (8/10/2022).

BMKG memprediksi, potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 09 - 15 Oktober 2022 di beberapa wilayah. Diantaranya, Aceh, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat,

Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara untuk periode tiga hari ke depan, yakni 8 - 10 Oktober 2022, berdasarkan prakiraan berbasis dampak, wilayah berpotensi terdampak hujan lebat dengan kategori siaga diantaranya, di sebagian wilayah Aceh, sebagian wilayah Banten, sebagian wilayah DKI Jakarta, sebagian wilayah Jawa Barat, sebagian wilayah Jawa Tengah, sebagian wilayah Jawa Timur, sebagian wilayah Kalimantan Barat dan sebagian wilayah Sulawesi Tengah
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)