Banjir Setinggi 1,5 Meter, Kawasan Wisata Legian Sekejap Menjadi Sungai

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 12:56 WIB
loading...
Banjir Setinggi 1,5 Meter, Kawasan Wisata Legian Sekejap Menjadi Sungai
Banjir di Legian. Foto: Istimewa
A A A
BADUNG - Hujan deras selama beberapa hari, membuat wilayah wisata Legian, Kuta, Badung, Bali, terendam banjir. Tinggi banjir hingga 1,5 meter itu, mengubah kawasan wisata yang indah ini menjadi sungai.

Puluhan rumah-rumah warga, hotel, hingga villa, semua terendam banjir. Akibatnya, banyak wisatawan asing yang terpaksa diungsikan dari tempat menginap mereka.

Ketua LPM Legian, Wayan Puspanegara mengatakan, banjir paling parah terjadi di Legian. Hampir separuh wilayah Legian terendam banjir sebagai dampak dari meluapnya air dari Tukad Mati.



"Banjir merendam sejumlah akses jalan, dan rumah penduduk. Di pinggir Tukad Mati, banjir bahkan nyaris mencapai atap rumah warga, dan menenggelamkan sejumlah rumah semipermanen," katanya, Sabtu (8/10/2022).

Dijelaskan dia, banjir datang secara tiba-tiba. Hal ini membuat sejumlah warga kesulitan mengevakuasi barang-barang berharga mereka agar tidak terendam banjir dan hilang terbawa arus.

"Banyak yang tidak bisa menyelamatkan harta benda mereka, karena banjir datang tiba-tiba. Tetapi warga juga banyak yang enggan mengungsi dan memilih untuk menunggu air surut di rumah mereka," jelasnya.



Kasi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Bali, Anak Agung Ketut Alit Supartana mengatakan, luapan banjir juga merendam ratusan akomodasi wisata seperti hotel dan villa.

"Tim SAR gabungan sudah menerjunkan perahu karet untuk mengevakuasi warga negara asing dari hotel dan villa tempat mereka menginap ke tempat yang lebih aman dari banjir," sambungnya.

Selain di kawasan Legian, banjir juga menenggelamkan sejumlah wilayah di sekitar kawasan wisata Kuta, mulai dari Seminyak. Banjir semakin parah dengan adanya terjangan rob di kawasan hilir.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2106 seconds (0.1#10.140)