Ratusan Guru Teladan Dikirim ke Pulau Terpencil

Selasa, 30 September 2014 - 16:54 WIB
Ratusan Guru Teladan Dikirim ke Pulau Terpencil
Ratusan Guru Teladan Dikirim ke Pulau Terpencil
A A A
KLUNGKUNG - Ratusan guru teladan di Kelungkung, dimutasi ke daerah terpencil Pulau Nusa Penida. Wilayah ini merupakan kampung halaman Bupati Klungkung Nyoman Suwirta.

Hari ini, pengumuman nama-nama guru yang mutasi dipasang di kantor bupati. Akibat pemasangan nama-nama itu, ribuan guru meninggalkan sekolahnya hanya untuk melihat apakah mereka masuk dalam gerbong mutasi.

Salah seorang guru yang namanya masuk sebagai guru teladan yang dimutasi mengaku keberatan. Menurutnya, kebijakan itu tidak menjunjung tinggi keadilan bagi para guru.

"Saya masuk mutasi ke daerah terpencil, di Nusa Penid. Padahal saya sudah mengabdi cukup lama," katanya, saat ditemui di Wantilan, Kantor Dinas Dikpora, Klungkung, Selasa (30/9/2014).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Klungkung Nyoman Mudirta mengatakan, mutasi dilakukan untuk melakukan pemerataan pendidikan di daerah pelosok.

"Ini sejalan dengan program pemerataan pendidikan yang dicanangkan pemerintah Provinsi Bali," ungkapnya.

Menurutnya, wilayah Nusa Penida masih jauh terbelakang, dibanding daerah lainnya, di Klukung. Untuk itu, dibutuhkan peran para guru teladan. Khususnya dalam mengembangkan pendidikan di Nusa Penida.

"Setiap tahun program ini akan dijalankan, dan sekarang lebih ditingkatkan jumlahnya. Jumlah guru di Klungkung mencapai 2.991 orang, ratusan di antaranya terkena mutasi ke Nusa Penida," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6438 seconds (0.1#10.140)