Bangun SDM Bangsa, Jokowi Bawa Gebrakan pada Sektor Pendidikan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 19:11 WIB
loading...
Bangun SDM Bangsa, Jokowi Bawa Gebrakan pada Sektor Pendidikan
Sektor pendidikan menjadi fokus utama Presiden Joko Widodo untuk menumbuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Indonesia. (Ist)
A A A
MAMUJU - Sektor pendidikan menjadi fokus utama Presiden Joko Widodo untuk menumbuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Indonesia. Pada dua periode kepemimpinannya, sudah banyak program-program yang digagas Jokowi yang melahirkan berbagai gebrakan program.

Salah satu gagasan Jokowi yang berhasil direalisasikan di sektor pendidikan adalah Program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Program yang dirilis pada awal pemerintahan Jokowi itu menyasar siswa-siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Jokowi juga berhasil merealisasikan Program KIP-Kuliah pada tahun 2021. Di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), program tersebut menggratiskan biaya pendidikan sekaligus membantu biaya hidup kepada para mahasiswa.

Kepedulian Jokowi terhadap sektor pendidikan diapresiasi oleh Wakil Bupati Majene Aris Munandar. Menurutnya, program-program Jokowi pada sektor pendidikan sudah sangat maksimal.

"Tentu saja kami melihat program dari Pemerintah Pusat, pada periode Pak Jokowi ini kami melihat ini dampak yang bagus," ujar Aris setelah mengikuti seminar di Universitas Sulawesi Barat beberapa waktu lalu.

Baca: BMKG Kertajati Majalengka Minta Warga Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi.

Aris mengatakan, dengan digratiskannya biaya pendidikan dari SD hingga ke bangku universitas merupakan wujud keberhasilan Jokowi merealisasikan pendidikan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Melalui program ini, masyarakat yang khususnya kurang mampu bisa terjamin pendidikannya.

"Adanya kartu ini tentu saja memberikan kemudahan kepada masyarakat yang telah ikut dalam program ini. Sehingga meringankan beban dalam menempuh proses pendidikan," pungkasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3607 seconds (11.97#12.26)