Keren! Kenaikan Inflasi Indonesia Terendah Nomor 5 di Dunia

Selasa, 04 Oktober 2022 - 18:54 WIB
loading...
Keren! Kenaikan Inflasi Indonesia Terendah Nomor 5 di Dunia
Inflasi Indonesia salah satu yang terendah di dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kenaikan inflasi Indonesia, tercatat terendah nomor lima di dunia. Hal ini berdasarkan data Mckinsey pada Juni 2022. Inflasi Indonesia berada di kisaran kurang dari 4%.



"Angka ini masih di atas Jepang, China, Arab Saudi, dan Swiss. Empat negara itu kenaikan inflasinya per 30 Juni 2022, kurang dari 3%. Indonesia masih lebih tinggi, namun kurang dari 4% year over year," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa (4/10/2022).



Mckinsey juga mengungkap, Indonesia berada di urutan ketiga negara dengan kenaikan inflasi terendah di seluruh Asia. Bahkan, kenaikan inflasi Indonesia lebih rendah dibandingkan Korea Selatan, dengan urutan pertama dan kedua ditempati oleh Jepang dan China.



Data Mckinsey mencatat laju inflasi di seluruh dunia melebihi ekspektasi pada Desember 2021. Dari proyeksi akhir tahun lalu, kenaikan inflasi per Juni 2022 mencatatkan kenaikan dua kali lipat.

"Tingkat inflasi di negara-negara Asia tidak terlalu tinggi dibandingkan proyeksi masing-masing negara. Kondisi terparah justru dialami sebagian negara di Eropa. Misalnya, Lithuania yang mencapai 15,5% per tahun, angka ini lima kali lipat lebih tinggi dibandingkan proyeksi inflasinya," ungkap Airlangga.



Airlangga menuturkan Indonesia masih tidak termasuk dalam catatan Mckinsey terhadap negara yang ikut menaikkan suku bunga. Kondisi tersebut, terang Airlangga, membuat para analis menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi mereka.

Hanya beberapa negara yang masih mencatatkan produk domestik bruto (PDB) ke arah positif. "Indonesia termasuk negara dengan proyeksi PDB dengan angka positif, yakni 1,0% lebih tinggi," kata Airlangga.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)