Tradisi Bersihkan Wayang Kulit Usia 500 Tahun di Keraton Kasepuhan Cirebon

Sabtu, 04 Juli 2020 - 13:36 WIB
loading...
Tradisi Bersihkan Wayang Kulit Usia 500 Tahun di Keraton Kasepuhan Cirebon
Tradisi yang rutin digelar Keraton Kasepuhan Cirebon Jawa Barat, setiap memasuki Bulan Suro pada Jumat kliwon. FOTO: iNews.Tv/Miftahudin
A A A
CIREBON - Ada tradisi yang rutin digelar Keraton Kasepuhan Cirebon Jawa Barat, setiap memasuki Bulan Suro pada Jumat kliwon.

Tradisi yang dilakukan adalah membersihkan wayang kulit yang berusia 500 tahun. Tradisi membersihkan wayang kulit yang berusia ratusan tahun itu disebut 'Ngisis'.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati (PRA) Arief Natadiningrat mengatakan, wayang pusaka yang berusia 500 tahun dibuka dari kotaknya dan dikeluarkan kemudian digantung untuk diangin-anginkan. "Wayang pusaka berjumlah 200 dengan berbagai karakter," katanya, Sabtu (4/7/2020).

Dia menambahkan, pembersihan wayang pusaka yang dilakukan oleh dalang dan para abdi dalem bertujuan agar wayang kulit tetap bersih dan kuat dari usianya yang kian bertambah.

Dia menambahkan, pembersihan wayang pusaka yang dilakukan oleh dalang dan para abdi dalem bertujuan agar wayang kulit tetap bersih dan kuat dari usianya yang kian bertambah. "Kami berharap, budaya Cirebon tetap lestari begitupun budaya nusantara," terangnya.(Baca juga : Objek Wisata Kembali Dibuka, Warga Kota Cirebon Tidak Antusias )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)