BREAKING NEWS! Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:28 WIB
loading...
BREAKING NEWS! Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat (kiri) dicopot dari jabatannya buntut Tragedi Kanjuruhan. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo akhirnya mencopot Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat buntut Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang suporter saat laga Arema FC vs Persebaya.

Kepastian pencopotan itu disampaikan Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Senin (3/10/2022).

"Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Firli Hidayat dimutasikan jadi Pamen SSDM Polri," ujar Dedi Prasetyo, Senin (3/10/2022).

Setelah AKBP Firli Hidayat dicopot, jabatan Kapolres Malangselanjutnyadigantikan oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis Aryana.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan takziah ke rumah salah satu korban meninggal dunia akibat peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam.

Kapolri bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, serta Ketua PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan langsung bela sungkawanya kepada keluarga korban.

"Ibu saya turut berduka cita, atas kejadian ini," kata Kapolri kepada ibu yang anaknya menjadi korban. Dalam kesempatan itu selain menyampaikan duka mendalam, Kapolri mendengarkan langsung kesaksian keluarga korban. Orang nomor satu di kepolisian ini coba menguatkan pihak keluarga agar tabah dan mengikhlaskan semua yang sudah terjadi.

Kapolri bahkan sempat menawarkan salah satu anak dari korban meninggal dunia di Kanjuruhan untuk masuk menjadi anggota kepolisian. "Kalau kamu masuk polisi mau enggak," tanya Kapolri.

Sebelumnya, pada saat meninjau langsung stadion Kanjuruhan, Malang. Kapolri memastikan, pihaknya akan mengusut tuntas peristiwa yang merenggut ratusan korban ini sebagai tindaklanjut perintah Presiden Joko Widodo.

Untuk itu, jajarannya akan melakukan pengumpulan data, fakta dan rekaman CCTV di tempat kejadian perkara atau stadion.

"Yang jelas kami serius dan usut tuntas tentunya. Kedepan terkait proses penyelenggaraan dan pengamanan yang akan didiskusikan, akan menjadi acuan dalam proses pengamanan," pungkas Sigit.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)