10.000 Paket Sembako Bakal Dibagi ke Warga Kota Bandung

Senin, 27 April 2020 - 16:24 WIB
loading...
10.000 Paket Sembako Bakal Dibagi ke Warga Kota Bandung
Wakil Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung Yana Mulyana.Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Sebanyak 10.000 paket sembako pekan ini dipastikan bakal didistribusikan kepada warga Kota Bandung yang terdampak COVID-19. Sembako tersebut berasal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan, bantuan presiden ini hanya untuk empat kota. Selain Bandung, tiga kota lainnya yakni Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Rencananya, bantuan tersebut berisi 5 kilogram beras, 2 liter minyak, 2 kilogram gula pasir, dan teh.

“Jadi ada bantuan baru dari presiden. Namanya bantuan kemasyarakatan presiden, hanya untuk empat kota masing-masing dapat 10.000 paket,” ungkap Yana seusai mengikuti telekonferensi dengan Sekretariat Presiden, dalam siaran persnya, Senin (27/4/2020).

Yana menuturkan, untuk bantuan sembako ini dimungkinkan duplikasi dengan bantuan lain yang sudah ada sebelumnya. Namun, dia akan menyalurkan bantuan kali ini kepada warga yang baru terdampak ekonominya karena pandemi COVID-19 dan tidak tertera dalam Data Terpadu Kesejahtaeraan Sosial (DTKS).

Untuk itu, Yana akan menyerahkan kepada aparat ke wilayahan di tingkat RT dan RW untuk membuat skala prioritas bagi warga yang layak menerima bantuan. Yana yang juga Wakil Wali Kota Bandung percaya, RT dan RW paling memahami kondisi nyata di lapangan.

“Untuk Kota Bandung akan menggunakan datanya yang non-DTKS, tapi nanti data ini diserahkan ke RT dan RW. Mereka kasih feedback ke kita mana yang layak menerima. Karena mereka yang lebih tahu,” jelasnya.

Menurut Yana, bantuan sembako dari presiden akan segera tiba di Kota Bandung pada pekan ini. Kemudian bantuan akan segera disalurkan melalui bulog kepada masyarakat yang sudah terkonfirmasi berhak menerima.

“Ini dikirim langsung ke gudang Bulog dari Jakarta. Insyaallah, 30 April atau 1 Mei diterima. Selanjutnya dalam waktu 1-2 hari bisa langsung distribusi,” ujarnya. (Baca juga; Syahrul Yasin Limpo Tinjau Distribusi Beras ATM Si Komandan di Depok )

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Tono Rusdiantono mengungkapkan, sudah mengirimkan data non-DTKS ke tingkat kewilayahan. Saat ini pihaknya tinggal menunggu konfirmasi atas verifikasi dan validasi RT dan RW perihal penerima bantuan sembako dari presiden ini.

“Sebelum dibagikan ke wilayah akan dipadankan dengan RT dan RW. Nanti Bulog yang mendistribusikan, kita menyediakan 'by name by addres'-nya,” kata Tono. (Baca juga; Bansos Corona, Yang Diterima Kurang dari Jumlah Pengajuan )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)