Kenalkan Potensi Wisata Laut, Wali Kota Berharap Sail Tidore 2022 Dibuka Presiden

Kamis, 29 September 2022 - 21:57 WIB
loading...
Kenalkan Potensi Wisata Laut, Wali Kota Berharap Sail Tidore 2022 Dibuka Presiden
Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim saat mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke UKM Mart di Kelurahan Sofifi, Oba Utara. Foto/Ist
A A A
TIDORE - Puncak Sail Tidore yang digelar November 2022 mendatang mengundang Presiden Jokowi untuk membuka kegiatan mengenalkan potensi wisata laut Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim menyampaikan, pihaknya secara khusus meminta Presiden Joko Widodo untuk hadir dan membuka acara.



Hal itu disampaikan Ali Ibrahim di sela kunjungan Presiden Jokowi ke UKM Mart di Kelurahan Sofifi, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Rabu (28/9/2022).

"Saya dan Pak Gubernur KH Abdul Gani Kasuba menyampaikan dengan hormat ke Pak Presiden untuk mohon kesediaan menghadiri dan membuka acara puncak Sail Tidore pada 26 November 2022," ujar Ali, Kamis (29/9/2022).

Selain menyukseskan Sail Tidore, Pemkot Tidore Kepulauan juga tengah gencar mempromosikan wisata bahari dan rencana pembangunan Museum Bawah Laut.

Ali Ibrahim mengungkapkan, pihaknya sedang terus mengkaji dan mempersiapkan potensi wisata Museum Bawah Laut dari Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT).



Dulu di Perairan Tidore tersebut terdapat meriam portugis buatan Macao yang diproduksi oleh pembuat meriam Portugis terkenal bernama Manuel Tavare dan puluhan guci peninggalan Kapal Spanyol yang tenggelam abad ke-16.

"Meriam dan guci-guci ini, sudah diangkat ke daratan tahun 1990-an. Sayangnya, guci-guci tersebut kurang mendapat atensi dari wisatawan, terlebih disimpan begitu saja di gudang milik Pemkab Halmahera Tengah," sambungnya.

Sementara itu, Rachma Fitriati, pakar daya saing daerah dari FIA UI memandang peninggalan bersejarah ini sebagai potensi pariwisata maritim berkelas dunia.

Besarnya potensi BMKT dari kapal yang mengalami kecelakaan, menjadikan situs bersejarah tersebut sebagai warisan bawah air yang tak ternilai.

"Kami memandang, jika guci-guci ini dikembalikan ke dasar laut (release) di tempat temuan semula, yaitu situs peninggalan bawah laut di Kelurahan Tongowai, maka akan menjadi obyek wisata selam yang unik dan menarik, karena tidak ditemukan di lokasi penyelaman lainnya di dunia," ujarnya.

Museum Bawah Laut Tidore akan menjadi satu-satunya museum bawah laut BMKT di Indonesia.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)