Pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara Dipercepat

Jum'at, 05 September 2014 - 19:33 WIB
Pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara Dipercepat
Pemekaran Provinsi Sumatera Tenggara Dipercepat
A A A
TAPANUSLI SELATAN - Tim verifikasi Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan validasi peta wilayah yang akan menjadi bagian dari pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara (Sumtra). Langkah ini dilakukan untuk mempercepat pemekaran provinsi tersebut.

Tim verifikasi dari BIG yang diketuai Khoirul Anwar mengatakan, semua calon DOB baru di Indonesia, kabupaten/kota atau provinsi, harus memiliki peta. Untuk provinsi, skala perbandingannya adalah 1:250 kilometer.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada verifikasi dan validasi peta yang dibahas adalah data-data yang mereka terima dari panitia persiapan pembentukan calon Provinsi Sumatera Tenggara.

Diantaranya mengenai penempatan lokasi dan penulisan nama daerah, seperti ejaan dan abjadnya pakai hurup kapital atau tidak.

Selanjutnya, pada kesempatan tersebut dibahas tentang apakah masih ada data yang kurang dan akan ditambah.

Sebab, dalam pembuatan peta atau lainnya kemungkinan ada perubahan atau kesalahan penulisan nama, seperti Pulau Ilik di Kabupaten Madina tertulis Pulau Elek, dan Sorik Marapi menjadi Sorik Marapi Menek.

"Kami hanya membuat peta sesuai data yang kami terima. Kemudian memverifikasi atau mencocokannya apakah ada salah atau yang kurang. Sekali lagi kami tegaskan, BIG bukan penentu diterima atau ditolaknya calon DOB," tegas Khoirul Anwar.

Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, selaku koordinator persiapan pembentukan calon Provinsi Sumtra mengatakan, berterimakasih kepada BIG yang memberi banyak masukan dan kesempatan untuk bertukar pikiran.

Kepada lima pemerintahan daerah di Tabagsel, yang sejak awal senantiasa serius dan berjibaku mewujudkan cita-cita seluruh rakyat ini, Syahrul berharap agar kompak selalu dan menjaga kebersamaan.

Kepada seluruh masyarakat yang ada diwilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) di daerah dan perantauan, tetaplah memberi bantuan doa, dukungan, dan bertindak bersama-sama sesuai peran masing-masing mewujudkan Provinsi Sumtra
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2123 seconds (0.1#10.140)