Potensi Aspal Buton Melimpah, Jokowi: Setop Impor Aspal!

Selasa, 27 September 2022 - 18:32 WIB
loading...
Potensi Aspal Buton Melimpah, Jokowi: Setop Impor Aspal!
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Istimewa
A A A
BUTON - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan menyetop impor aspal. Hal ini disampaikan saat lawatannya ke pabrik aspal di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Saat mengunjungi pabrik aspal itu, Jokowi mengaku kaget melihat potensi aspal di Pulau Buton yang sangat melimpah. Namun, belum dimanfaatkan dengan baik untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Secara tegas saya sampaikan, setop impor aspal," katanya, di Buton, Selasa (27/9/2022).



Dilanjutkan Jokowi, potensi aspal di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, sangat besar. Namun, produksinya kurang berjalan maksimal. Dirinya pun berharap, dua tahun kedepan tidak ada lagi aspal impor.

"Semua harus menggunakan aspal Buton," tegasnya.

Lebih lanjut, Jokowi meminta jajarannya agar semua pengolahan aspal dikerjakan oleh Kabupetan Buton, melalui skema kerjasama antara BUMN maupun oleh pihak swasta. Sehingga, aspal Buton dapat dimanfaatkan.



"Jumlah impor aspal selama ini hampir 5 juta ton pertahun. Padahal Kabupaten Buton memiliki potensi aspal yang sangat besar, yakni mencapai 662 juta ton," sambungnya.

Melihat potensi itu, aspol Buton bisa bertahan hingga 120 tahun kedepan jika dikelola dengan baik.

"Saya berharap potensi yang besar itu bisa segera direalisasikan, sehingga masyarakat Buton juga akan mendapat manfaatnya dan Kabupaten Buton dapat hidup kembali sebagai industri penghasil aspal," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2353 seconds (0.1#10.140)