alexametrics

Pulau Pamutusan, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat

loading...
Pulau Pamutusan, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat
Pulau Pamutusan, surga tersembunyi di Sumatera Barat. (Foto: Budi Sunandar/SINDO TV)
A+ A-
PADANG - Sebagian orang mungkin belum pernah mendengar, apalagi mengunjungi Pulau Pamutusan di Sumatera Barat. Tapi, bagi yang pernah berkunjung ke pulau yang ada di Sumatera Barat itu, bisa jadi sudah merencanakan untuk kembali ke sana.

Memang, Sumatera Barat terkenal dengan kawasan yang dikelilingi ratusan pulau kecil yang dihiasi tekstur perbukitan dan biota laut yang mengagumkan. Salah satunya Pulau Pamutusan.

Terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung, Padang atau sekitar satu jam perjalanan dari Kota Padang, pulau ini dikenal dengan surga tersembunyi yang belum banyak terjamah wisatawan.



Pulau Pamutusan
bisa ditempuh dengan menggunakan kapal kecil dari Pelabuhan Muara Kota Padang sekitar satu jam perjalanan laut. Pulau dengan luas 8 hektare ini memiliki pasir putih serta tumbuhan pohon kelapa dan tanaman mangrove serta perbukitan yang masih hijau.

Pulau ini diberi nama Pamutusan karena terdapat semenanjung yang berubah menjadi daratan berpasir putih ketika air laut surut.

Untuk menjaga kebersihan pulau tersebut, dipungut retribusi Rp15 ribu per orang oleh seorang penjaga pulau yang sehari-hari menetap di sana.

Pulau ini ibarat sepotong surga yang tersembunyi di tengah Samudera Hindia yang belum banyak dijamah oleh wisatawan karena belum pernah terekspose. Pulau ini cocok bagi wisatawan penggemar landscape atau fotografer karena banyak terdapat spot-spot cantik dengan hamparan pemandangan nan asri dan indah, walaupun ditempuh dengan sedikit tracking untuk mencapai puncak bukitnya.

Selain itu, biota ikan hias dan terumbu karang yang terdapat di dalam laut di sekitar pulau ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar snorkling. Nah, untuk melepas kepenatan setelah berwisata, terdapat sebuah cottage yang bisa disinggahi dan bersantai menikmati pemandangan alam pulau-pulau kecil yang menghampar di depannya.

Cukup dengan merogoh kocek Rp350 ribu, pengunjung sudah bisa menginap di salah satu vila. Semoga saja Pulau Pamutusan yang merupakan salah satu surga di Sumatera Barat ini tidak termasuk ke dalam daftar perdagangan pulau di Tanah Air.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak