Pengamanan Wilayah Jayapura Ditingkatkan Jelang Pemeriksaan Gubernur Papua Lukas Enembe

Minggu, 25 September 2022 - 07:15 WIB
loading...
Pengamanan Wilayah Jayapura Ditingkatkan Jelang Pemeriksaan Gubernur Papua Lukas Enembe
Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor D Mackbon
A A A
JAYAPURA - Polresta Jayapura Kota, Papua meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam mengamankan wilayah seiring dengan rencana pemeriksaan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (26/9/2022).

Menurut Kapolresta Jayapura Kombes Pol Dean Victor Mackbon, sudah mendapatkan informasi rencana pemeriksaan terhadap Gubernur Papua tersebut. Walaupun rencana pemeriksaan tersebut di Jakarta, kepolisian telah menyiagakan pasukan.

Dia mengatakan, pengamanan saat ini mendapat bantuan dua SSK Brimob Nusantara dan di-backup pasukan TNI dari Kodam XVII Cenderawasih. "Kita tetap menyiagakan pasukan dalam memberikan pengamanan jika ada keramaian atau gerakan (aksi demonstrasi) di Jayapura," ucap Victor, di Jayapura, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: KPK Pertimbangkan Pengobatan Lukas Enembe ke Singapura Asal Penuhi Pemeriksaan

Terkait kabar demo aksi demo lanjutan Save Lukas Enembe oleh simptasan dan pendukung Gubernur Papua dari Koalisi Rakyat Papua (KRP) pada tanggal 26 September 2022, kepolisian belum mendapatkan informasi lagi.

Untuk itu, selain menyiagakan pasukan, pihaknya juga menggalakkan patroli dan razia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. "Untuk aksi demokan belum ada pemberitahuan ya kepada kami sampai dengan hari ini. Jadi prinsipnya kita juga melaksanakan tugas-tugas rutin saja yang ditingkatkan," katanya.

Terkait situasi kamtibmas hingga saat ini menurut mantan Wadirkrimsus Polda Papua ini situasi Kota Jayapura masih kondusif. Adapun laporan masyarakat terkait keributan beberapa waktu lalu dipicu oleh minuman keras. Namun hal tersebut telah diantisipasi oleh jajarannya sehingga tidak meluas.

"Situasi kamtibmas hingga saat ini masih kondusif yah, kemudian juga memang ada laporan-laporan dari masyarakat seperti keributan," katanya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2473 seconds (11.97#12.26)