Hindari 3 Hal Ini Jika Tak Ingin Kolesterol Melesat Naik

Selasa, 20 September 2022 - 09:10 WIB
loading...
Hindari 3 Hal Ini Jika Tak Ingin Kolesterol Melesat Naik
Penyebab kolesterol mudah naik, namun sering diabaikan. Foto/Dok. SINDOgrafis
A A A
Antisipasi dan pengetahuan dini tentang pemicu kenaikan kolesterol wajib diketahui. Hal ini untuk menekan adanya gangguan kesehatan tubuh, yang dipicu oleh lemak jahat tersebut.



Kolesterol memiliki peran yang baik dalam tubuh sebagai pembentuk sel, produksi hormon, dan sebagai pencerna makanan. Tubuh sangat memerlukan kolesterol untuk menjalankan fungsinya.



Namun tidak selamanya kolesterol baik pada tubuh, kolesterol tinggi tentunya sangat berisiko. Kolesterol tinggi merupakan kondisi dimana tubuh terlalu memiliki banyak lemak menumpuk di dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan darah sulit untuk mengalir menuju jantung.



Ada dua jenis kolesterol yang perlu kalian ketahui yaitu Low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL merupakan kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit seperti serangan jantung, jantung koroner dan stroke. Sementara HDL adalah kolesterol sehat yang akan membasmi LDL dan membawa ke hati untuk segera dikeluarkan.

Menurut National Institutes of Health (NIH) LDL normal pada tubuh ialah 100 mg/dL, sedangkan HDL sebesar 40 mg/dL untuk pria dan 50 mg/dL untuk wanita. Untuk gabungan angka normal kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh pun sebesar 200 mg/dL.

Banyak faktor penyebab kolesterol cepat naik. Namun yang paling utama adalah bertambahnya usia, semakin bertambah usia penyakit ini semakin mudah terkena kolesterol karena saat itu kondisi tubuh, perubahan sistem tubuh dan metabolisme semakin menurun.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5691 seconds (0.1#10.140)