Bank BRI Niten Meledak, 1 Petugas Keamanan Terluka

Kamis, 24 Juli 2014 - 16:57 WIB
Bank BRI Niten Meledak, 1 Petugas Keamanan Terluka
Bank BRI Niten Meledak, 1 Petugas Keamanan Terluka
A A A
BANTUL - Bank BRI unit Niten, di kawasan Dongkelan, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meledak tadi pagi, saat warga tengah menjalankan sahur. Ledakan terdengar sangat keras hingga membuat warga sekitar berhamburan keluar rumah.

Akibat ledakan tersebut, seorang petugas jaga malam mengalami luka bakar sedang, pada bagian kedua tangan dan kaki, wajah sebelah kiri. Saat ini korban sedang dirawat di RS PKU Yogyakarta.

Berdasarkan kesaksian warga RT2/47, Dongkelan, Suwarjo (59), asal api diduga berasal dari bagian dapur bank. Saat itu, bank dijaga oleh dua orang petugas keamanan yang berasal dari petugas keamanan dan aparat kepolisian.

"Kira-kira pukul 02.15 WIB kejadiannya, warga sini teriak-teriak ada api, dan saya tahunya sudah nggulat-nggulat (menjalar keluar) apinya. Lalu kentongan dibunyikan dan warga bantu siram api pakai air secara manual," ujar Suwarjo, kepada wartawan, Kamis (24/7/2014).

Ditambahkan dia, saat kejadian petugas pemadam kebakaran ada yang datang dan membantu pemadaman api, tetapi api sulit (dipadamkan) yang bagian pojok, di bagian dapur. Sempat terdengar ledakan keras, diduga dari tabung gas. Sekitar satu hingga dua jam kemudian, api baru berhasil dipadamkan.

"Yang jaga malam ada dua, satu cari nedha (makan) sepertinya untuk sahur, dan satu lagi jaga sedang nggodhok wedang (merebus air), yang terbakar itu," sambungnya.

Sementara itu, Humas Polsek Sewon Brigadir Ibnu Harjani mengatakan, korban luka bernama Rubesno, penjaga malam dari Dusun Jaranan, RT2, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

"Pukul 20.00 WIB, saksi bertugas di BRI Unit Niten bersama korban yang bertugas sebagai penjaga malam. Sekitar pukul 03.00 WIB, korban bermaksud masak air siapkan makan sahur. Ketika menyalakan kompor gas, tiba-tiba langsung meledak," terangnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihaknya belum bisa memperkirakan jumlah kerugian akibat peristiwa kebakaran tersebut. Karena pihak bank masih belum memberikan informasi detail kepada pihak kepolisian. Namun sejumlah peralatan dapur dinyatakan rusak.

Disinggung adanya unsur kesengajaan, pihak kepolisian mengatakan hal ini terjadi lebih karena kekurang hati-hatian dalam menyalakan kompor gas, dan bukan karena kesengajaan.

"Selain warga, ada dua unit dari damkar (pemadam kebakaran yang dikerahkan). Yakni dari Madukismo dan Bantul, tetapi yang dipakai satu dari Bantul. Mereka pecah genteng lalu semprot (air) dari atas. Unsur kesengajaan tidak, kemungkinan karena gas bocor dan meledak," urainya.

Sementara itu, pihak bank belum bisa memberikan keterangan ketika dikonfirmasi tentang peristiwa kebakaran itu. Menurut penjaga keamanan BRI Unit Niten Aan Pradana, memang benar sempat terjadi kebakaran. Namun sejauh ini sudah aman dan terkendali.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5185 seconds (0.1#10.140)