Porang Sulawesi Selatan Siap Diekspor ke China

Selasa, 13 September 2022 - 09:04 WIB
loading...
Porang Sulawesi Selatan Siap Diekspor ke China
Balai Karantina Pertanian Makassar mengunjungi pabrik porang di Takalar, Sulawesi Selatan. Saat ini porang Sulawesi Selatan siap diekspor kembali ke China. Foto/Antara
A A A
MAKASSAR - Komoditi porang (amorphophallus muelleri) dari Sulawesi Selatan siap kembali diekspor ke China. Kepastian itu disampaikan Balai Karantina Pertanian Makassar usai dibukanya kembali keran ekspor porang ke China.

Guna mendorong percepatan ekspor porang, Kepala Karantina Pertanian Makassar Lutfie Natsir mengunjungi pabrik milik PT IAS di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Petani Bulukumba Didorong Budidaya Tanaman Porang

"Kami terus melakukan monitoring terhadap keberlangsungan ekspor porang ini, sehingga dapat kita pantau bagaimana ekspor porang, seperti yang dilakukan PT IAS. Dari hasil monitoring kita pada hari ini, porangnya cukup untuk kesinambungan ekspor di Sulsel," ujar Lutfie dikutip Selasa (13/9/2022).

Lutfie melakukan monitoring bersama dengan para pejabat lingkup Karantina Pertanian Makassar di IKT PT IAS sebelum porang diberangkatkan ke China.



PT IAS merupakan salah satu perusahaan yang mendapatkan rekomendasi tahap pertama yang diajukan Badan Karantina Pertanian kepada General Administration of Customs of The People’s Republic of China (GACC).

"Begitupun dengan harga, saat ini harga porang di Sulsel relatif cukup signifikan dan representatif mengalami peningkatan semenjak dibukanya keran ekspor porang ke China," tambahnya.

Baca juga: Jokowi Ajak Masyarakat Tanam Sorgum hingga Porang

Pada tahun 2018, ekspor porang tercatat mencapai 254 ton dengan nilai ekspor sebesar Rp11,3 miliar ke negara Jepang, Vietnam, China, Australia, dan negara lainnya.

Dia menambahkan bahwa dibukanya ekspor porang melahirkan asa agar dapat membangkitkan kembali geliat ekspor di Sulawesi Selatan. Sehingga dapat membantu ekonomi petani porang.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3389 seconds (10.177#12.26)