Gus Muhaimin Festival Dorong Pertumbuhan UMKM setelah Pandemi

Sabtu, 10 September 2022 - 21:25 WIB
loading...
Gus Muhaimin Festival Dorong Pertumbuhan UMKM setelah Pandemi
Gus Muhaimin Festival bertajuk UMKM Bangkit Lebih Cepat, Indonesia Semakin Kuat di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (10/9/2022). Foto/Ist
A A A
BANYUWANGI - Gus Muhaimin Festival digelar di berbagai kabupaten/kota untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengatakan, setelah dua tahun masyarakat dihantam pandemi maka saat ini geliat ekonomi pernahan mulai pulih. Sehingga perlu terus didorong agar pemulihan ekonomi masyarakat bisa lebih cepat.



”Pascapandemi Covid-19, kita ingin menggairahkan kembali seluruh aspek ekonomi, seni, budaya, kemudian keagamaan yang selama dua tahun kita puasa, tidak bisa ketemu. Ini kita gairahkan lagi dengan kegiatan Gus Muhaimin Festival,” ujarnya di sela Gus Muhaimin Festival bertajuk “UMKM Bangkit Lebih Cepat, Indonesia Semakin Kuat” di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (10/9/2022)

Dia mengatakan, kegiatan Gus Muhaimin Festival di Banyuwangi merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang sebelumnya juga digelar di berbagai daerah lain seperti Lumajang, Jember, Sidoarjo, Gresik dan berbagai kota lainnya.

”Kita akan terus lanjutkan Gus Muhaimin Festival ini di kota-kota lainnya. Ini penting agar semua merasa happy, semua merasa terlibat, kemudian ekonomi bergairah,” ungkapnya.

Khusus di sektor UMKM, maka harus menjadi pilar ekonomi nasional. ”Kenapa hari ini kita belum bisa bergantung pada UMKM karena belum punya daya tahan yang kuat. Kalau UMKM punya daya tahan yang kuat maka kita bisa bergeser dari ekonomi kapitalistik yang bener-bener didikte oleh pasar ini berpihak ekonomi pada UMKM,” katanya.


Menurut Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra ini, UMKM memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap ekonomi masyarakat dan bangsa sehingga mereka perlu terus dibantu dengan berbagai kegiatan yang produktif.

”Yang disebut ekonomi Pancasila ya UMKM itu. Harapan kita mari bahu membahu mengatasi masa-masa sulit ekonomi global ini dengan cara semuanya terlibat. Kita harus membantu pemerintah yang kesulitan anggaran, pemerintah juga harus memikirkan kesulitan rakyat yang paling bawah. Itulah namanya gotong royong,” katanya.

Senada dengan Gus Muhaimin, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengatakan bahwa kegiatan Gus Muhaimin Festival sangat penting setelah Indonesia berhasil melewati dua tahun masa pandemi.



”Dua tahun kondisi sulit akibat pandemi yang memukul semua sektor, termasuk UMKM padahal UMKM adalah sektor terakhir dari pertahanan ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu kami dorong secepatnya, kami hadir disini untuk memberikan motivasi agar UMKM yang menjadi pilar masyarakat di bawah itu bisa terus tumbuh,” ujarnya.

Gus Jazil mengatakan, saat terjadi krisis moneter pada 2008 silam, sector yang terpukul adalah perbankan sementara kekuatan ekonomi nasional saat itu ditopang oleh UMKM. ”Tapi saat pandemi kemarin, semua sektor termasuk UMKM terpukul. Tapi kita harus optimistis dalam situasi apa pun, meskipun ekonomi kurang baik. Masyarakat Indonesia terutama UMKM harus optimistis agar roda ekonomi terus bergerak sehingga derajat kesejahteraan masyarakat semakin baik," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2224 seconds (0.1#10.140)