PMI Sampaikan Ketahan Pangan Nasional dan Progres Gedung PYCH ke Presiden Jokowi

Kamis, 01 September 2022 - 20:31 WIB
loading...
PMI Sampaikan Ketahan Pangan Nasional dan Progres Gedung PYCH ke Presiden Jokowi
Papua Muda Inspiratif (PMI) menyampaikan sejumlah perkembangan program kerja dalam rangka mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat Papua kepada Presiden Joko Wododo (Jokowi). Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Papua Muda Inspiratif (PMI) menyampaikan sejumlah perkembangan program kerja dalam rangka mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat Papua kepada Presiden Joko Wododo (Jokowi).

Koordinator PMI Provinsi Papua, Neil Leonardo Aiwoy mengatakan PMI kepada Jokowi bahwa pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) telah mencapai 80 persen. nDitargetkan akan selesai pada Oktober 2022.

Baca juga: Gedung Papua Youth Creative Hub Segera Rampung, Kreatifitas Anak Muda Diharapkan Berkembang

"Kami menyampaikan kepada Pak Presiden Jokowi tentang ketahanan pangan nasional di Papua hingga progres pembangunan gedung PYCH yang sudah mendekati 80 persen," kata Neil Leonardo Aiwoy dalam keterangannya, Kamis (1/9/2022).

PMI menyampaikan hal itu saat Jokowi mengunjungi booth UMKM PMI di GOR Toware, Jayapura, Rabu (31/8/2022) diwakili oleh Project Manager Bidang UMKM, Elia Musa Rawar atau akrab disapa Moses.

Menurut Neil, merespons apa yang disampaikan PMI, Jokowi menyampaikan kepada PMI akan meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub pada Oktober 2022.

Terkait dengan ketahanan pangan nasional salah satunya melalui penanaman jagung, PMI menyampaikan kepada Jokowi bahwa progres program penanaman jagung nasional sudah terbuka lahan siap tanam 50 hektare.

Baca juga: Pacu UMKM, Gernas BBI Siap Digelar di Gedung Olahraga Cenderawasih Papua

Sedangkan yang telah ditanami bibit jagung seluas kurang lebih 40 hektare dari total lahan yang tersedia seluas 84 hektare.

"Presiden menyampaikan akan kembali ke Papua pada bulan Oktober 2022 untuk meresmikan bangunan PYCH dan memanen jagung pada kebun yang saat ini telah dikerjakan oleh PMI," tutur Neil.



Saat kunjungan Jokowi ke stand UMKM PMI, ada 10 produk unggulan UMKM binaan PMI yang ditampilkan, di antaranya kopi, produk minuman Jagung, ninuman sari kacang hijau, minuman strawberey, sari buah nanas keladi tumbuk, tepung sagu, handycraft, noken dan aksesoris Papua lainnya.

Dalam kesempatan yang sama PMI juga mengenalkan produk KOPDAR (Kopi Papua Muda Inspiratif).

PMI merupakan binaan BIN yang bertugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua agar dapat mengimplementasikan ide dan gagasannya untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Kesejahteraan Tanah Papua sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Sementara Groundbreaking gedung PYCH ini oleh Jokowi pada Oktober 2021 lalu. Kepala BIN Budi Gunawan turut memberikan sambutan waktu itu.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1643 seconds (10.177#12.26)