Puncak Gunung Penanggungan Kebakaran, Pemicu Diduga Pendaki Lupa Matikan Api Unggun

Senin, 29 Agustus 2022 - 19:17 WIB
loading...
Puncak Gunung Penanggungan Kebakaran, Pemicu Diduga Pendaki Lupa Matikan Api Unggun
Kebakaran di Gunung Penanggungan pernah terjadi pada Agustus 2020 lalu.Foto/dok
A A A
MOJOKERTO - Kebakaran terjadi di puncak Gunung Penanggungan , Senin (29/8/2022). Bagian yang terbakar ada di sisi utara, masuk Kecamatan Ngoro, Mojokerto.

Api dengan cepat membakar padang ilalang dan rerumputan di puncak gunung. Si jago merah dengan mudah membesar karena kena hembusan angin di puncak gunung.

baca juga: 9 Sepeda Motor yang Diangkut Truk Terbakar di Depo Kontainer

Sumber api diduga berasal dari api unggun yang lupa dimatikan oleh pendaki. Sejumlah relawan maupun petugas Perhutani RPH Pasuruan dibantu TNI dan Polri berusaha memadamkan api menggunakan peralatan seadanya.

Meski dipadamkan dari berbagai sudut, namun api menjalar ke lereng lainnya. "Kebakaran ini diketahui sejak pukul 10.00 WIB," kata Kasi Kadaruratan BPBD Kabupaten Mojokerto, Joko Supangkat.

Menurutnya, relawan awalnya melihat kepulan asap di puncak. Warga lain akhirnya nauk ke puncak untuk memastikan kejadiannya. "Ternyata kebakarannya di lokasi sekitar dua hektare, terdiri dari padang savana rerumputan," tambahnya.



Upaya pemadaman menemui hambatan. Di antaranya kencangnya hembusan angin di puncak gunung. Selain itu musim kemarau menyebabkan rerumputan mengering. "Api baru dapat dipadamkan setelah delapan jam," tuturnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7034 seconds (0.1#10.140)