SPJM Lakukan Konservasi Lingkungan Laut di Bunaken

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 19:37 WIB
loading...
SPJM Lakukan Konservasi Lingkungan Laut di Bunaken
PT Pelindo Jasa Maritim turut mengambil bagian dalam Konservasi Lingkungan Laut di Bunaken, Sulawesi Utara, yang merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan di bawah Pelindo Group. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - PT Pelindo Jasa Maritim turut mengambil bagian dalam Konservasi Lingkungan Laut di Bunaken, Sulawesi Utara, yang merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan di bawah Pelindo Group.

Kegiatan ini digelar bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada tahun ini. PT Pelindo Jasa Maritim adalah Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group.

Direktur Utama Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM), Prasetyadi mengatakan, kegiatan TJSL yang dilakukan juga merupakan rangkaian “Bakti BUMN untuk Indonesia” dengan melakukan konservasi lingkungan laut dan fauna.



Hal tersebut bertujuan untuk melakukan pelestarian lingkungan yang berfokus pada area sesuai dengan klaster industri perusahaan. Pelaksanaan kegiatan ini juga tidak lepas dari peran Pelindo Group dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai agenda pembangunan dunia untuk keselamatan manusia dan planet bumi.

Ada beragam kegiatan yang dilakukan mulai 14 hingga 17 Agustus di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, mulai dari Penanaman Terumbu Karang, Konservasi Penyu, Penanaman Pohon, Bersih-bersih Pantai, Pengecatan Rumah Warga, Edukasi Lingkungan, hingga puncaknya yaitu Upacara Bendera di pesisir pantai dan di dalam laut Bunaken pada 17 Agustus lalu.

“Sebagaimana Pelindo Holding menyampaikan, kegiatan ini lebih banyak menekankan pada 3 (tiga) hal mendasar, yaitu bagaimana menanamkan nilai, budaya, dan aturan dalam masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan melestarikan habitat laut. Selanjutnya ada konservasi untuk menjaga ekosistem tetap seimbang seperti pada kegiatan konservasi penyu, serta edukasi untuk kemandirian UMKM, “ terangnya.

Dirut SPJM menyebutkan, ada tiga fokus program TJSL BUMN yaitu pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK atau Usaha Mikro dan Kecil.

Sekretaris Perusahaan SPJM, Diani VA Nangkah menjelaskan, kegiatan yang mengusung tema "Konservasi Lingkungan Laut" tersebut melibatkan sebanyak 30 orang relawan yang merupakan kolaborasi relawan BUMN, Pelindo Muda dan Mutiara Pelindo.

“Yaitu terdiri dari 15 relawan dari Pelindo Muda, 5 orang relawan dari Mutiara Pelindo dan 10 orang relawan dari hasil seleksi Kementerian BUMN yang berasal dari beberapa perusahaan BUMN di Indonesia,” urai Diani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3010 seconds (0.1#10.140)