Eks Bupati Luwu Andi Cakka Fasilitasi Bantuan Bibit Jagung ke Petani

Selasa, 23 Agustus 2022 - 19:23 WIB
loading...
Eks Bupati Luwu Andi Cakka Fasilitasi Bantuan Bibit Jagung ke Petani
Mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, memfasilitasi bantuan bibit jagung kepada petani di Kecamatan Bua, Selasa (23/8/2022). Foto/SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Mantan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, memfasilitasi bantuan bibit jagung kepada petani di Kecamatan Bua, Selasa (23/8/2022).

Pembagian bibit jagung ini bekerjasama dengan Sul yang merupakan anak muda Tana Luwu berlisensi pelatihan pertanian khusus jagung, dimana telah menghasilkan varietas unggul jenis Alfrida diberi nama SC Nusantara.

Baca Juga: Pengurus Baru Apkasindo Perjuangan Luwu Utara dan Luwu Timur Dikukuhkan

"Kita sangat mengapresiasi produk unggulan yang diciptakan oleh saudara Sul, dia putra Luwu. Olehnya itu, kita bantu memperkenalkan produknya ke warga dan membantu petani dengan bibit unggul tersebut," ujar Andi Cakka-sapaan akrab Andi Mudzakkar.

Eks Bupati Luwu dua periode ini menyebut pembagian bibit jagung tersebut bukan baru pertama kali dilaksanakan. "Ini yang ke sekian kalinya. Kita pernah bagikan ke petani di Desa Malewong, petani di Bajo, di Palopo, dan hari ini di Bua. Tetap kita bekerjasama dengan Sul, dengan produk unggulan bernama SC Nusantara," kata dia.

Untuk wilayah Bua sendiri akan dilakukan penanaman perdana bibit jagung SC Nusantara dalam waktu dekat. Andi Cakka juga mengagendakan pembagian bibit jagung SC Nusantara ke petani di Luwu Timur dalam waktu dekat.

Sul sebagai pemilik hak paten jagung unggul SC Nusantara menyampaikan terimakasih kepada Andi Cakka yang sudah membantu memperkenalkan produk unggulannya ke petani.

Baca Juga: Bupati Luwu Kukuhkan Forum Kewaspadaan Dini

"Banyak petani ingin menanam jagung tapi tidak punya modal. Kami hadir memberikan bantuan bibit jagung ke petani. Jagung atau hasilnya, kami yang beli dengan harga pasar. Namun jika ada pembeli dengan harga tinggi silahkan jual ke yang lain. Satu kuncinya di kami, petani bayar bibit setelah penanaman jagungnya berhasil," ujar Sul.

Untuk Kecamatan Bua sendiri, SC Nusantara sudah membangun komunikasi dengan 5 petani jagung, dengan luas lahan diatas 5 hektare.
(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1513 seconds (10.55#12.26)