Berkat Bantuan PLN, PKBM Cendikia Paripurna Bangsa Raih Omzet Puluhan Juta

Selasa, 23 Agustus 2022 - 12:10 WIB
loading...
Berkat Bantuan PLN, PKBM Cendikia Paripurna Bangsa Raih Omzet Puluhan Juta
PLN UIW Sulselrabar memberikan bantuan 22 mesin jahit konveksi kepada ibu-ibu di Kabupaten Sinjai. Foto/Istimewa
A A A
SINJAI - Ibu rumah tangga memiliki peran krusial dalam mensejahterakan ekonomi keluarga. Tidak heran, pemerintah berkolaborasi dengan semua pihak menggagas program pemberdayaan bagi ibu-ibu rumah tangga di berbagai daerah.

Dengan dukungan dan pola pemberdayaan yang tepat, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dasar yang dimiliki dan berpeluang bertransformasi menjadi tenaga profesional.

Hal itu pula yang dilakukan oleh PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

PLN UIW Sulselrabar memberikan bantuan 22 mesin jahit konveksi serta pelatihan desain kepada ibu-ibu di Kabupaten Sinjai.

Baca Juga: PLN Siap Pasok Listrik 260 MVA ke Smelter Nikel di Sulsel dan Sultra

Bantuan disalurkan melalui lembaga pendidikan non formal bernama Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cendekia Paripurna Bangsa yang bertempat di Kabupaten Sinjai .

Kepala PKBM Cendekia Paripurna Bangsa, Mista mengungkapkan, bantuan puluhan mesin jahit konveksi itu telah diberikan sejak tanggal 23 Juni 2022 lalu. Disusul dengan pemberian pelatihan desain kepada 18 ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan menjahit tapi tidak memiliki pekerjaan.

"Kami melihat potensi di sekitar kami banyak ibu-ibu yang menganggur tapi memiliki kemampuan menjahit, makanya kami berupaya bagaimana caranya agar bisa memberdayakan mereka," kata Ibu Mista.

Lanjutnya, pelatihan menjahit itu dimentori oleh Ibu Amalia Sigit, seorang Instruktur Fashion dan penggiat seni Kondang dari Ibu Kota Jakarta yang didatangkan langsung oleh PLN. Pelatihan berlangsung pada tanggal 20-23 Juli 2022 di sekertaris Cendekia Paripurna Bangsa Foundation.

Usai pelatihan tersebut, PKBM Cendekia Paripurna Bangsa berkolaborasi dengan PLN menggelar kegiatan Cendekia Fashion Week yang dirangkaikan dengan peresmian UMKM Cendekia Konveksi di Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai .
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1384 seconds (10.55#12.26)