Polda Bali Ungkap Penyebab Ledakan saat Ngaben Massal Tewaskan 2 Orang

Selasa, 23 Agustus 2022 - 08:09 WIB
loading...
Polda Bali Ungkap Penyebab Ledakan saat Ngaben Massal Tewaskan 2 Orang
Polda Bali mengungkap penyebab ledakan yang menewaskan dua orang saat acara ngaben massal.Foto/ist
A A A
DENPASAR - Polda Bali mengungkap hasil penyelidikan ledakan dalam upacara ngaben massal yang menewaskan dua orang dan melukai tujuh lainnya di Desa Adat Selat, Gianyar.

"Penyebabnya terjadi kebocoran pada selang kompor lalu merambat ke tabung yang berisi campuran pertalite dan solar sehingga terjadi kebakaran disertai ledakan," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Selasa (23/8/2022).

Menurutnya, kerasnya ledakan membuat tabung minyak terlempar hingga sejauh 32 meter. Ledakan disertai kobaran api itulah yang melukai sedikitnya sembilan orang yang saat itu berada di dekat lokasi pembakaran jenasah.

Tim Labfor Polda Bali telah melakukan olah TKP dan mengambil sampel berupa swab tabung minyak dan selang kompor yang masih berada di lokasi. "Sampel akan diteliti lebih lanjut," ujar Stefanus.

Baca juga: Hadiri Puncak Ngaben Massal, Perindo Bali Ajak Bangkit dari Pandemi

Diberitakan sebelumnya, dua orang tewas dan tujuh lainnya mengalami luka bakar saat berlangsung upacara ngaben massal di Desa Adat Selat, Gianyar, Jumat (19/8/2022).

Kedua korban tewas yaitu Bagus Oscar Norizon Ninu (34) dan Kadek Gian Permana Putra (14). Keduanya mengalami luka bakar di atas 90% dan sempat dirawat di RS Sanglah Denpasar.

Empat korban lagi masih dirawat di ruang ICU Burn Unit RS Sanglah. Mereka adalah Ketut Adi Wiranata (32), Kadek Dwi Putra Jaya (32), I Gusti Made Budiarta (50) dan I Gusti Ngurah Pradita (11).

Sedangkan tiga korban lain dirawat di RSUD Sanjiwani Gianyar sudah dipulangkan karena mengalami luka bakar ringan.
(msd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3134 seconds (10.55#12.26)