Daging busuk masih dijual di Kulonprogo

Selasa, 13 Mei 2014 - 15:30 WIB
Daging busuk masih dijual di Kulonprogo
Daging busuk masih dijual di Kulonprogo
A A A
Sindonews.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kulonprogo kembali menemukan peredaran daging sapi busuk yang sudah tidak layak dikonsumsi. Daging ini ditemukan dari salah pedagang di Pasar Nanggulan, saat tim gabungan melakukan pemantauan.

“Daging itu kami sita dan pedagang kita berikan teguran tertulis. Kalau nanti terbukti lagi dia bisa dipidana,” jelas Kasi Penegakan

Perundang Undangan Satpol PP Kulonprogo, Qumarul Hadi, Selasa (13/5/2014).
Pedagang ini, kata dia, memang agak nakal dalam menjual daging. Pada operasi tahun lalu, dagangan yang dijajakan juga dicampur dengan daging babi.

Sehingga pengawasan seperti ini akan terus ditingkatkan, agar tidak dilakukan pedagang yang lain.

“Dia sempat berkilah bisa dipakai untuk abon, tetapi dari veteriner tetap tidak merekomendasi,” ujarnya.

Staf Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Diskepenak Kulonprogo, Joko Purwoko mengatakan, 3 kg daging sapi yang disita tersebut memang sudah tidak layak konsumsi karena kondisinya sudah busuk.

Dari segi warna sudah berubah berwarna biru kehijauan dari warna normal merah. “Daging itu sudah lembek dan sudah keluar masuk frezer,” jelasnya.

Qumarul menambahkan, operasi ini dilakukan untuk melindungi konsumen sesuai amanah UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen, UU No 36/2009 tentang Kesehatan, UU No 18/2012 tentang Pangan, dan UU No 31/2004 tentang Perikanan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3989 seconds (0.1#10.140)