Peserta Jalan Santai Anti Mager IKA Unhas di Bone Kumpulkan 125 Kg Sampah

Minggu, 14 Agustus 2022 - 06:40 WIB
loading...
Peserta Jalan Santai Anti Mager IKA Unhas di Bone Kumpulkan 125 Kg Sampah
Gubernur Sulsel (ketiga kiri) saat menghadiri jalan santai anti mager di Kabupaten Bone, Sabtu (13/8/2022). Foto/Justang Muhammad
A A A
BONE - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman , mengaku salut dengan kegiatan pungut sampah yang dilakukan ribuan peserta jalan santai Anti Mager (malas gerak) di Desa Mappesangka, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone , Sabtu (13/8/2022).

Peserta jalan yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman, terlihat antusias memungut sampah.

Alhasil, kegiatan pungut sampah ini mengumpulkan sampah seberat 125 kilogram (kg), yang terdiri dari sampah organik dan sampah anorganik.



Selanjutnya, khusus sampah anorganik berupa plastik akan disumbangkan kepada pengumpul sampah yang ada di Kecamatan Ponre.

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengaku, kegiatan pungut sampah ini harus dibarengi dengan edukasi, karena sampah memiliki potensi pasar untuk didaur ulang menjadi produk bermanfaat.

"Kita harap masyarakat sadar untuk pola hidup bersih dan sehat. Olehnya itu, perlu edukasi ke masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Saharuddin Ridwan selaku Ketua Divisi Pengolahan Sampah dan Limbah IKA Unhas mengaku akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan membentuk bank sampah unit desa di Desa Mappesangka.

Di depan Andi Sudirman, pendiri asosiasi bank sampah Indonesia ini bahkan menyatakan keinginannya untuk membentuk bank sampah induk provinsi sebagai mata rantai pemasaran sampah di Sulawesi Selatan dalam memfasilitasi semua bank sampah yang ada di Sulsel.

Korprov STBM Dinkes SulSel, Sarmada menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan lomba pungut sampah ini atas kerjasama Dinkes Sulsel melalui Seksi Kesehatan Lingkungan, IKA Unhas, Dinkes Bone, Puskesmas Bakunge, Puskesmas Ponre, Puskesmas Libureng.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)