Adnan Lepas 36 Pramuka Penggalang Gowa Peserta Jambore Nasional

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 18:04 WIB
loading...
Adnan Lepas 36 Pramuka Penggalang Gowa Peserta Jambore Nasional
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melepas anggota pramuka penggalan ke Jambore Nasional di Cibubur. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Sebanyak 36 Anggota Pramuka Penggalang dari Kabupaten Gowa, akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Ke-11 Tahun 2022, yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022.

Ke-36 orang tersebut merupakan wakil dari seluruh Kwartir Ranting yang ada di Gowa tergabung dalam kontingen Kwarcab Gowa.

Baca Juga: 16 Pramuka Bulukumba Ikut Jambore Nasional 2022

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Pramuka sebagai gerakan kepanduan di Indonesia telah melahirkan banyak kader pemimpin bagi bangsa ini, serta membentuk karakter anggotanya sejak usia dini.

"Hari ini kita melakukan Apel Besar dalam rangka Hari Ulang Tahun Pramuka sekaligus dirangkaikan dengan pelepasan peserta Jambore Nasional. Hari Ulang Tahun Pramuka itu menjadi sebuah momentum bahwa pendidikan karakter harus dimulai sejak usia dini," terangnya dalam rangka Hari Ulang Tahun Pramuka yang ke-61 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Jum'at (5/8/2022).

Apel Besar Gerakan Pramuka yang setiap tahunnya diperingati setiap tanggal 14 Agustus, sengaja dimajukan mengingat pada tanggal itu, hampir semua Kwartir Cabang akan berkumpul di Bumi Perkemahan Cibubur untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka secara nasional yang dirangkaikan dengan pembukaan Jambore Nasional ke-11 tahun 2022.

Dia mengatakan, sekalipun pelaksanaan Hari Ulang Tahun Pramuka kali ini dimajukan, sedikitpun tidak mengurangi makna dan momentum untuk terus melahirkan kader bangsa yang berintegritas dan berakhlak.

Pada Apel Besar Hari Ulang Tahun Pramuka yang mengusung tema "Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsaā€¯ ini, Adnan juga mengajak seluruh Pramuka untuk mampu menghayati nilai - nilai kepramukaan dan terus menunjukkan bakti sebagai pandu ibu pertiwi, menjaga dan merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, damai, dan berkeadilan.

Baca Juga: Dollah Mando Lepas 16 Anggota Pramuka Sidrap Peserta Jambore Nasional

"Pramuka ini sudah menjalankan pendidikan karakter sejak dulu. Saya juga pernah mengalami yangseperti adik - adik sekarang. Tahun 1996 saya juga ikut sebagai peserta Jambore Nasional di Cibubur dan sekarang juga sama mereka juga akan melaksanakan Jambore Nasional di Cibubur," ungkap Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Gowa ini.

(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2751 seconds (11.97#12.26)