Kabut asap sudah berbahaya, warga minta evakuasi

Jum'at, 14 Maret 2014 - 21:17 WIB
Kabut asap sudah berbahaya, warga minta evakuasi
Kabut asap sudah berbahaya, warga minta evakuasi
A A A
Sindonews.com - Kabut asap yang melanda wilayah Riau dinilai telah menyebabkan sedikitnya 50.000 warga menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Atas kondisi tersebut, banyak warga meminta agar pemerintah segera melakukan evakuasi secepatnya.

Evakuasi ini dinilai mendesak untuk dilakukan karena kualitas udara di wilayah Riau dan sekitarnya sudah masuk di ambang membahayakan.

"Bayangkan, udara sudah berwarna agak kekuning-kuningan. Ini jelas sangat berbahaya. Harus ada upaya evakuasi untuk menyelamatkan masyarakat korban kabut asap," ujar salah seorang warga Perumnas Sidomulya, Pekanbaru, Riau, Firman Ahmad (35), kepada SINDOnews.com, Jumat (14/3/2014).

Firman pun menantang pemerintah untuk mengecek kesehatan para warganya jika kabut asap telah bisa di atasi. Dia menjamin, banyak warga yang akan terdeteksi menderita penyakit akibat kabut asap tersebut.

"Untuk itu kami sebagai warga Riau meminta pemerintah untuk me-recovery kesehatan korban bencana asap. Saya jamin warga terkena ISPA semua," tuturnya.

Pria yang berpofesi sebagai pebisnis itu mengatakan banyak kerugian yang telah dialami warga Riau dan sekitarnya akibat kabut asap.

Kini, Firman yang sedianya akan pulang ke Pekanbaru sejak 10 hari lalu pun mengkhawatirkan kondisi keluarganya. Pasalnya, sudah 10 hari dia tak bisa kembali ke Pekanbaru lantaran penerbangan baik dari Riau maupun menuju Riau ditiadakan.

"Saya sangat rindu anak dan istri saya, saya juga khawatir dengan keselamatan mereka," tuturnya.

Baca:
Kabut asap Riau buat warga seperti tahanan rumah
Berang, SBY 'semprot' Gubernur Riau
Menkokesra juga jadi korban 'semprot' SBY
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3217 seconds (0.1#10.140)