Butuh 2 pekan turunkan status Gunung Slamet

Kamis, 13 Maret 2014 - 07:03 WIB
Butuh 2 pekan turunkan status Gunung Slamet
Butuh 2 pekan turunkan status Gunung Slamet
A A A
Sindonews.com - Hingga hari ketiga pasca ditetapkannya Gunung Slamet naik status di atas Normal, gunung berketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu belum beranjak dari status Waspada.

Kepala Bidang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Gerakan Tanah PVMBG, Gede Suantika, menyatakan, dibutuhkan waktu yang tak sebentar untuk mengetahui status gunung tersebut.

"Kami akan terus pantau aktivitas Gunung Slamet selama dua pekan ke depan. Jika dalam waktu dua minggu tak tinggi aktivitasnya, tentu status Gunung Slamet akan kami turunkan kembali menjadi Normal," jelas Gede Suantika kepada SINDOnews.com, Kamis (13/3/2014).

Sejauh ini, Gunung Slamet masih menunjukkan aktivitas kegempaan disertai embusan asap, baik putih maupun hitam. Berdasarkan data dari pos pemantauan, aktivitas itu terjadi sejak satu minggu sebelum ditetapkannya status Gunung Slamet menjadi Waspada.

"Perlu dua minggu untuk melakukan pemantauan hingga bisa diturunkan kembali menjadi Normal. Namun, jika dalam kurun waktu itu tak ada aktivitas secara signifikan pada Gunung Slamet," lanjut Gede.

Kendati demikian, aktivitas Gunung Slamet dinilai masih jauh dari aktivitas Gunung Merapi. Dikatakannya, Gunung Merapi lebih kompleks peningkatan kegiatan kegempaannya, serta tekanan dapur magmanya saat berstatus Waspada.

Baca:
Meski terlihat tenang, Gunung Slamet tetap berbahaya
Meski indah, Gunung Slamet terkenal angker
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4622 seconds (0.1#10.140)