Pantau Gunung Slamet, PVMBG kirim alat & tim ahli

Kamis, 13 Maret 2014 - 05:30 WIB
Pantau Gunung Slamet, PVMBG kirim alat & tim ahli
Pantau Gunung Slamet, PVMBG kirim alat & tim ahli
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengirimkan bantuan alat untuk memantau perkembangan aktivitas Gunung Slamet, pasca status gunung tersebut naik dari level Normal menjadi Waspada.

Pengiriman itu dilakukan Rabu 11 Maret 2014 malam dengan kendaraan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Hal itu dikatakan Kepala Bidang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Gerakan Tanah PVMBG, Gede Suantika.

"Kami kirimkan dua alat perekam gempa, serta satu alat pengukur emisi So2 tadi malam. Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi pasca naiknya status Gunung Slamet," tutur Gede Suantika kepada SINDOnews.com, Kamis (13/4/2014).

Alat tersebut dikirimkan ke Pos Pemantau di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang atau berjarak sekira 10 km dari puncak Gunung Slamet. Selain bantuan alat, PVMBG juga mengirimkan dua tim yang terdiri dari tim ahli dan teknisi pemasangan alat.

Pertimbangan pengiriman tim dan peralatan ke Gunung Slamet karena dikhawatirkan gunung tersebut mengalami peningkatan aktivitas.

"Dengan pemantauan intensif, PVMBG dapat mengetahui perkembangan terbaru aktivitas vulkanik Gunung Slamet. Nantinya PVMBG akan mengeluarkan rekomendasi sesuai dengan aktivitas vulkanik di lokasi agar meminimalisasi korban jiwa," tuturnya.

Baca:
Meski indah, Gunung Slamet terkenal angker
Gunung Slamet semburkan asap hitam
Tekanan magma Gunung Slamet tinggi
Cerita rakyat, asal-usul Gunung Slamet
Gunung Slamet, misi pendakian & spiritual
"Gunung Slamet Waspada tanda munculnya presiden baru"
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2432 seconds (0.1#10.140)