PTDI Kirim Pesawat NC212i Kapasitas 28 Penumpang Pesanan Thailand

Senin, 01 Agustus 2022 - 16:05 WIB
loading...
PTDI Kirim Pesawat NC212i Kapasitas 28 Penumpang Pesanan Thailand
PT Dirgantara Indonesia (PTDI) mengirimkan satu pesawat terbang NC212i pesanan pemerintah Thailand
A A A
BANDUNG - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) mengirimkan satu pesawat terbang NC212i pesanan pemerintah Thailand. Pesawat 28 penumpang ini nantinya akan digunakan Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand.

Pesawat dikirim dari Hanggar Delivery Center PTDI Bandung, menuju Nakhon Sawan Air Base, Muang, Nakhon Sawan, Thailand, yang direncanakan akan tiba pada tanggal 03 Agustus 2022. Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM PTDI, Wildan Arief meninjau persiapan dan melepas ferry flight pesawat terbang NC212i yang kemudian akan dioperasikan oleh DRRAA, Thailand.

Diterbangkan oleh Test Pilot PTDI, Captain Esther Gayatri Saleh sebagai Pilot In Command Ferry and Acceptance Mission dan Test Pilot PTDI, Captain Adi Budi sebagai Copilot, pesawat NC212i dengan tail number AX-2129 ini lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung menuju Bandara Sultan Syarif Qasim, Pekanbaru, Riau.

Baca juga: Bayi Tewas Saat Persalinan di RSUD Jombang, Kepalanya Terjepit

Kemudian diterbangkan kembali menuju Bandara Internasional Hat Yai, Thailand, bagian selatan di dekat perbatasan Malaysia dan dilanjutkan ke Nakhon Sawan Air Base, Muang, Nakhon Sawan, Thailand, sebagai destinasi terakhir.

“NC212i ini secara spesifikasi punya kapabilitas yang sangat beragam, dimana yang kita deliver hari ini adalah konfigurasi troop transport yang kemudian bisa dimodifikasi untuk rain making. Kemampuan NC212i ini sangat ideal untuk kondisi geografis Thailand, dimana kemungkinan kedepannya ada pesawat tipe lain yang juga cocok untuk kondisi geografis Thailand, yaitu N219," kata Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM Wildan Arief.

Dia berharap, bisa menjadi kontrak selanjutnya dengan Thailand. Pihaknya juga tidak hanya menyediakan dan menjual pesawat, tapi juga deliver sampai dengan layanan purna jual. Juga dukungan suku cadangnya, banyak negara yang comfort, karena PTDI bisa jadi one stop service.

Pesawat NC212i tersebut rencananya akan melakukan Final Acceptance oleh Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand, pada tanggal 04 Agustus 2022 yang akan disaksikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Rachmat Budiman.

Penandatanganan kontrak pengadaan 1 (satu) unit pesawat terbang NC212i ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2020 antara PTDI dengan A.I.C.E. Enterprises (Thai) Co., Ltd. dengan end user adalah Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand.

“Selain pesawat ini, masih ada satu pesawat NC212i lagi dari kontrak lainnya yang akan di-deliver tahun ini ke Thailand, targetnya bulan Desember 2022,” tambah Wildan Arief, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM.

Pesawat terbang NC212i ini dapat digunakan sebagai passenger transport, VIP, cargo, rain making, troop/paratroop transport dan medical evacuation yang dapat dipasang bergantian sesuai dengan kebutuhan Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)