Ini penyebab lain kematian unta di KBS

Senin, 03 Maret 2014 - 16:13 WIB
Ini penyebab lain kematian unta di KBS
Ini penyebab lain kematian unta di KBS
A A A
Sindonews.com - Kematian unta di Kebun Binatang Surabaya (KBS) beberapa hari lalu terkuak. Meski hasil autopsi menyebutkan unta tersebut mati akibat sakit perut, kini baru diketahui jika ada penyebab lain meninggalnya hewan itu.

Pengelola KBS mengakui kematian unta juga disebabkan kesalahan desain dan tata letak kandang. "Kondisi kandang lembab dan basah. Salah desain dan tidak layak. Lantainya lurang pasir," jelas Direktur Operasional KBS, Liang Kaspe, Senin (3/3/2014).

Pihaknya pun berjanji dalam waktu dekat akan kandang yang kering dengan lantai berpasir pantai setebal 10 centimeter bagi unta-unta lainnya. Hal ini ditempuh agar kejadian serupa tak terulang.

Liang Kaspe mengatakan, berdasarkan hasil autopsi tim dokter KBS, hewan asal Timur Tengah itu meninggal setelah sakit perut atau sakit kembung. "Hasil autopsi Tim Dokter KBS, di dalam perut unta ditemukan gas yang diduga akibat masuk angin karena cuaca akhir-akhir ini curah hujannya sangat tinggi," terangnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya berjanji akan memindahkan kandang unta ke posisi depan, berdekatan dengan lokasi kandang jerapah. "Kami juga akan memberi atap agar saat hewan itu tidur tidak kehujanan," tutupnya.

Baca:
Siangnya sehat, malamnya Unta KBS mati kembung
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4958 seconds (0.1#10.140)