Telkom Resmikan Gateway di Manado, Internet Kelas Dunia Siap Hadir di KTI

Jum'at, 22 Juli 2022 - 12:15 WIB
loading...
Telkom Resmikan Gateway di Manado, Internet Kelas Dunia Siap Hadir di KTI
Launching Second Gateway Manado di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (20/7/2022). Foto/Istimewa
A A A
MANADO - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ( Telkom ) kembali memiliki gerbang komunikasi internasional (gateway), kali ini di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Telkom melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) meresmikan Second Gateway Manado di Kantor Telkom Witel Sulawesi Utara (Sulut) – Maluku Utara (Malut), Manado, Sulawesi Utara, Rabu (20/7/2022).

Peresmian ini dihadiri oleh Wali Kota Manado Andrei Angouw, Komisaris Utama Telkom Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dan Komisaris Independen Telkom Wawan Iriawan.

Turut hadir, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono, Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Utama Telin Budi Satria Dharma Purba, beserta jajaran Senior Leaders TelkomGroup.

Baca Juga: neuCentrIX dari Telkom Jadi Solusi Pengelolaan Data Centre yang Lebih Efisien

Gateway Manado merupakan gerbang jalur komunikasi internasional kedua yang dimiliki TelkomGroup. Kehadiran gerbang tol digital ini menjadi wujud nyata dari upaya pemerataan akses telekomunikasi dan informasi di seluruh Indonesia.

Rute dari Manado menjadi jalur alternatif untuk distribusi trafik komunikasi internasional yang sebelumnya terkonsentrasi di Batam. Jika seluruh rute komunikasi dari dan menuju Indonesia terpusat di Batam, maka akan memunculkan potensi risiko layanan jika terjadi gangguan yang disebabkan oleh bencana alam atau aktifitas laut lainnya.

Wali Kota Manado, Andrei Angouw menyampaikan apresiasi atas peresmian gerbang komunikasi internasional Manado oleh Telkom dan Telin. Gateway Manado itu disebutnya ibarat jalan tol digital yang akan mengangkat ekonomi Kota Manado dan sekitarnya.

"Kami berharap dengan adanya infrastruktur ini, perekonomian Manado akan tumbuh semakin pesat dan perusahaan besar tertarik untuk berinvestasi di kota Manado. Semoga jaringan infrastruktur ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus menyejahterakan masyarakat," jelas Andrei.

Pada tahun 2017 TelkomGroup sudah menginisiasi pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) SEA-US dan IGG, yang menghubungkan Indonesia menuju Amerika.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3147 seconds (10.177#12.26)